Transformasi Digital UKM & Koperasi Menuju Bisnis Modern yang Kuat & Bermartabat
Transformasi Digital UKM & Koperasi Menuju Bisnis Modern yang Kuat & Bermartabat

Transformasi Digital UKM & Koperasi Menuju Bisnis Modern yang Kuat & Bermartabat




JOGJAGRID.COM : Kreativitas, dan ketahanan yang dimiliki oleh UKM di DIY adalah jati diri yang dibutuhkan untuk senantiasa beradaptasi dan bertransformasi sehingga mampu untuk berdiri tangguh tetapi juga menjadi tulang punggung ekonomi negara.

Demikian disampaikan oleh GKR Bendara, Ketua organisasi International Council For Small Business (ICSB) DIY dalam KICK OFF RAKERDA ICSB DIY yang diselenggarakan secara virtual, Kamis (26/08/2021)

Dalam acara tersebut, nampak hadir Ir. Arif Rahman Hakim, MS, selaku Sekretaris Kementrian Koperasi dan UMKM Republik Indonesia, Jacky Mussry - Presiden ICSB Indonesia, Ir. Srie Nurkyatsiwi, MMA - Kepala Dinas Koperasi dan UMKM DIY serta Haris Husein - Senior Vice President Sales & Marketing, Bisnis Jasa Keuangan PT. Pos Indonesia.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM DIY, Ir. Srie Nurkyatsiwi mengatakan Perekonomian DIY pada TriWulan II 2021 tumbuh 11,81 (yoy).  Hal ini menunjukkan DIY sudah keluar dari resesi sejak Semester I Tahun 2021.  

"Berbagai upaya dilakukan dinas Koperasi dan UMKM DIY, guna pemulihan ekonomi melalui pemberdayaan UMKM. Upaya ini tentu memerlukan sinergi dari berbagai pihak seperti pemda, swasta, akademisi, komunitas, media dan masyarakat. Kolaborasi tersebut diwujudkan dalam Pengembangan Market HUB pada 2021. "ujar Srie Nurkyatsiwi.

Dalam agenda tersebut, Senior Vice President Sales & Marketing, Bisnis Jasa Keuangan PT. Pos Indonesia, Haris Husein mengatakan bahwa Saat ini PT. Pos Indonesia melakukan berbagai transformasi untuk tetap bisa survive di tengah perubahan perkembangan masyarakat terutama karena perkembangan teknologi. "Di saat kita tidak melakukan perubahan, habis kita. Karena itu, PT Pos Indonesia melakukan transformasi. Salah satu produk baru, Pospay, hari ini di-relaunching bertepatan dengan ulang tahun Pos Indonesia ke-275." ujar haris.

Pospay adalah platform digital berbasis rekening giro pos dan layanan keuangan lainnya secara mobile. Lewat pospay masyarakat bisa melakukan berbagai transaksi pengiriman uang, pembayaran, asuransi bahkan untuk pembayaran zakat. Saat ini pengguna pospay sudah 350ribu.

"Di era saat ini kita harus bersinergi, diharapkan pospay bisa bekerjasama dengan umkm untuk menjadi solusi dalam menopang dan menggerakkan perekonomian Indonesia terutama di daerah-daerah karena hadir di 4500 titik kantor pos di seluruh indonesia" ungkap haris.
Advertisement banner

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.