Dorong Petani Bangkit, Gandung Pardiman Salurkan Bantuan dan Pimpin Gerakan Tanam Bawang
Dorong Petani Bangkit, Gandung Pardiman Salurkan Bantuan dan Pimpin Gerakan Tanam Bawang

Dorong Petani Bangkit, Gandung Pardiman Salurkan Bantuan dan Pimpin Gerakan Tanam Bawang




JOGJAGRID.COM : Aksi kemanusiaan dan solidaritas di masa pandemi Covid-19 terus digelorakan anggota Komisi VII DPR RI Fraksi Golkar Drs HM Gandung Pardiman MM.

Setelah terus berkeliling wilayah DIY dan memberi motivasi bangkit serta berbagai bantuan, kali ini politikus senior yang juga Ketua Golkar DIY itu memimpin gerakan tanam bawang merah di Bulak Dusun Sambirejo, Kalurahan Sidorejo, Kapanewon Ponjong, Gunungkidul Senin (30/8). 

Luas area yang ditanam di Kelompok Bima Utama seluas 3 hektar. Dalam kesempatan tersebut, HM Gandung Pardiman MM mengapresiasi kelompok tani Bima Utama yang memiliki semangat dalam pengembangan tanaman bawang merah. 

“Untuk mendukung perkembangan bawang yang semakin bagus, ke depan ketika sudah kondisi aman, akan diberikan pelatihan pembuatan pupuk cair, melibatkan BPPT maupun LIPI,” kata  Drs HM Gandung Pardiman MM.

Dalam kesempatan tersebut HM Gandung Pardiman MM juga membantu sarana prasarana pertanian diantaranya traktor, sprayer elektrik dan gembor. Bahkan membantu mengurangi beban kelompok tani  membantu senilai Rp 10 juta. 


Anggota DPR RI Gandung Pardiman beri bantuan petani Gunungkidul

Juga menyerahkan disinfektan hingga masker. Pengembangan tanam bawang merah ini cukup tepat, karena data Dinas Pertanian dan Pangan, Gunungkidul setiap tahunnya masih mengalami defisit sebesar 2,8 ton.  Diungkapkan, sektor pertanian dan peternakan di dalam negara maju dan berkembang menjadi hal yang pokok.  

Sehingga melalui gerakan tanam bawang merah akan meningkatkan ekonomi maupun taraf hidup masyarakat. 

Pada akhirnya akan mengurangi permasalahan sosial diantaranya yakni gantung diri. 

“Kawasan ini merupakan lahan pertanian tadah hujan, sehingga akan dipikirkan untuk dibantu pembangunan sumur bor. Sehingga nantinya akan mendorong pengolahan dan peningkatan hasil-hasil pertanian,” imbuh Drs HM Gandung Pardiman MM yang memiliki Slogan Ikhlas Berjuang, Ikhlas Beramal, Peduli Semua dan Tidak Pelit ini. 

Kegiatan dihadiri Bupati Gunungkidul  H Sunaryanta, Tim Asistensi DPR RI  Erwin Nizar, Agus Subagyo,  Waket DPRD Heri Nugroho SS, Fraksi Golkar Gunawan SE, Eri Agustin, Jumiran dan Sarjana SE. Selain itu Sekretrais DPD Golkar Gunungkidul Syarief Guska Laksana, Kepala Dinas Pertanian DIY dan Gunungkidul, muspika dan undangan. Drs HM Gandung Pardiman MM dalam kesempatan ini juga membagikan hadiah diantaranya  kulkas, uang tunai dan berbagai doorprice menarik.  

Kegiatan dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan yang ketat. Usai tanam bawang merah, HM Gandung Pardiman MM bersama bupati dan undangan juga panen bawang merah yang sebelumnya sudah ditanam petani.  

Ketua Gapoktan Bima Utama Dusun Sambirejo  Ir Supriyono menuturkan, awalnya pada Bulan Mei hanya 10 orang yang menanam dengan luasan 1,5 hektar, kini semakin bertambah. Puluhan petani memanfaatkan lahan pekarangan dengan luasan 3 hektar. “ Bahkan untuk hasil panen sebelumnya mampu mencapai 12,8 ton per hektar,” ujarnya.

Bupati Gunungkidul H Sunaryanta menyatakan, bidang pertanian menjadi salah satu prioritas pembangunan. 

Melalui dinas terkait tentunya program yang berkait dengan pertanian akan didukung. Termasuk pada bidang peternakan hingga pariwisata. Pemerintah daerah terus berupaya untuk bagaimana mendorong maupun mendampingi para petani dalam pengembangan lahan. Termasuk di Dusun Sambirejo, Kapanewon Ponjong. 

“ Melalui pengembangan sektor pertanian, harapannya masyarakat akan semakin sejahtera,” imbuhnya. 
Waket DPRD Gunungkidul Heri Nugroho menyatakan, dewan bersama bupati juga memiliki komitmen dalam mendukung bidang pertanian. Termasuk pengembangan tanaman bawang merah, sehingga akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

Petani merupakan pahlawan pangan, karena kalau tidak ada petani  tidak ada yang akan dimakan. Oleh karena itu, ke depan dewan  tentunya akan mengawal dan memberikan dukungan dalam pengembangan bidang pertanian di Gunungkidul. (Van/Dhi)
Advertisement banner

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.