PKKMB 2021, ISI Yogya Usung Tajuk Bersama Menjadi Insan Seni Berprestasi
PKKMB 2021, ISI Yogya Usung Tajuk Bersama Menjadi Insan Seni Berprestasi

PKKMB 2021, ISI Yogya Usung Tajuk Bersama Menjadi Insan Seni Berprestasi




JOGJAGRID.COM : Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta menggelar kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2021 mulai tanggal 25-27 Agustus 2021. 

PKKBM kali ini mengusung tajuk “Bersama Menjadi Insan Seni Berprestasi”. 

Rektor ISI Yogyakarta Prof. Dr M. Agus Burhan, M. Hum mengatakan
kegiatan PKKMB ini dalam rangka menyiapkan mahasiswa baru melewati proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri.

"PKKMB 2021 sebagai ruang untuk mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru dan memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan di perguruan tinggi bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan di perguruan tinggi," kata Agus Burhan di sela PPKBM Kamis (26/8/2021).

Masa PPKBM ini dapat dijadikan titik tolak pembinaan idealisme, penguatan rasa cinta tanah air, dan kepedulian terhadap lingkungan, juga dalam rangka menciptakan generasi yang berkarakter religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan berintegritas. 

Agus Burhan mengatakan kegiatan PKKMB diharapkan dapat menjadi wahana penanaman 5 (lima) program gerakan nasional revolusi mental yaitu Indonesia melayani, Indonesia bersih, Indonesia tertib, Indonesia mandiri, dan Indonesia bersatu. 

"Dengan kata lain melalui PKKMB memberikan bekal awal agar mahasiswa kelak akan menjadi alumni perguruan tinggi yang memiliki kedalaman ilmu, keluhuran akhlak, cinta tanah air, dan berdaya saing global," cetusnya.
 
PKKMB, ujar Agus Burhan, harus direncanakan secara matang agar dapat dijadikan momentum bagi mahasiswa baru untuk mendapat informasi yang tepat mengenai sistem pendidikan di perguruan tinggi baik bidang akademik maupun non-akademik. 

"PKKMB juga diharapkan dapat menjadi penyadaran akan adanya hal-hal yang dapat menghambat studi mahasiswa baru," kata Agus Burhan.

"Termasuk juga bisa menghambat pencapaian tujuan nasional misalnya masalah radikalisme, terorisme, penyalahgunaan narkoba, kekerasan seksual, plagiarisme, korupsi, dan lainnya," Agus Burhan menambahkan.

Upaya peningkatan rasa persatuan dan kesatuan serta cinta tanah air, lanjut Agus Burhan, diwujudkan dalam bentuk kegiatan-kegiatan PKKMB.

"Selain itu PKKMB menjadi ajang penyadaran akan pentingnya pemahaman tentang globalisasi dan revolusi industri 4.0  yang menuntut mahasiswa untuk menjadi orang-orang yang menghayati dan memiliki literasi data, literasi teknologi, dan literasi kemanusiaan serta kesiapan untuk penguasaan kompetensi yang diperlukan di abad 21," kata Agus Burhan.

Kompetensi-kompetensi itu antara lain kemampuan berpikir nalar kreatif dan kritis, problem solving, terampil berkomunikasi, berkolaborasi, memahami bidang kerja dan pengembangan karirnya serta pentingnya belajar sepanjang hayat. 
 
Tujuan penyelenggaraan kegiatan ini adalah pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru ISI Yogyakarta dan memberikan pembekalan materi kepemimpinan, keorganisasian, dan kesopansantunan bagi seluruh mahasiswa baru ISI Yogyakarta. 

Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang bersifat wajib bagi setiap mahasiswa baru di Institut Seni Indonesia Yogyakarta. 

"Kegiatan ini wajib diikuti oleh Mahasiswa Baru Institut Seni Indonesia Yogyakarta Angkatan 2021/2022 dan Angkatan sebelumnya yang belum mengikuti kegiatan PKKMB," pungkas Agus Burhan. (Van/Dis)
Advertisement banner

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.