Menikmati Sudut Sudut Gunung Api Purba Nglanggeran Lewat Virtual Tour
Menikmati Sudut Sudut Gunung Api Purba Nglanggeran Lewat Virtual Tour

Menikmati Sudut Sudut Gunung Api Purba Nglanggeran Lewat Virtual Tour

JOGJAGRID.COM : Sepinya kunjungan saat masa pandemi Corona, membuat para pengelola obyek wisata mengasah otak untuk menjaga semangat mempromosikan destinasi andalan.

Tak terkecuali Kelompok Sadar Wisata (pokdarwis) Gunung Api Purba Nglanggeran Gunungkidul Yogyakarta.

Obyek wisata yang mencuat namanya dalam lagu Banyu Langit musisi campursari Didi Kempot itu menyiapkan paket wisata digital bertajuk Virtual Tour Desa Wisata Nglanggeran yang dihelat Minggu 3 Mei 2020. 

Program ini berupa kegiatan wisata atau jalan-jalan yang dilakukan secara daring alias virtual tour.

"Dalam tour ini peserta tidak hanya diajak untuk menjelajah destinasi-destinasi pilihan, namun juga akan diberikan tips and trick mengenai destinasi pariwisata yang akan dituju di Nglanggeran," ujar Ketua Pokdarwis Desa Wisata Nglanggeran, Sugeng Handoko 5 Mei 2020.

Program yang dimulai pukul 10.00 WIB ini menggandeng Pirtual Project, komunitas yang diinisiasi mahasiswa Magister Pariwisata Berkelanjutan Padjajaran, Ina Geo, Wisata Sekolah, Seruang, Outing.id, dan Caventer.

Dalam program ini peserta diajak berwisata menggunakan aplikasi Zoom. Sehingga tiap peserta yang mendaftar diminta menginstal aplikasi tersebut di laptop atau smartphonenya masing-masing.

Lalu apa menariknya? 

Sugeng menjelaskan Virtual Tour Desa Wisata Nglanggeran akan mengajak peserta menikmati detil jalan-jalan di Gunung Api Purba, Embung Nglanggeran, Air Terjun Kedung Kandang, Griya Cokelat Nglanggeran, Homestay serta Kampung Pitu. 

Akan disampaikan juga kondisi terbaru obyek-obyek wisata di Nglanggeran itu dimasa covid-19. 

Bertindak sebagai pemandu selama virtual tour itu Sugeng Handoko sendiri dibantu tim Pirtual Project. Untuk biayanya terbilang terjangkau.
Pokdarwis Nglanggeran membaginya menjadi beberapa paket. Mulai Rp.22.500 sampai 50.000 per orang di mana semakin banyak peserta yabg didaftarkan biayanya semakin murah.

Sugeng mengatakan program ini digelar sebagai respon wisatawan setelah sebulan lebih Yogyakarta dilanda pandemi dan membuat orang jenuh karena terlalu lama di rumah. 

"Banyak pertanyaan masuk ke kami melalui media sosial atau telfon langsung 'Apakah Desa Wisata Nglanggeran sudah buka? Ternyata banyak yang kangen naik gunung dan jalan jalan di desa," ujarnya.

Nah program virtual tour itu diharapkan bisa sedikit mengobati rasa jenuh wisatawan selama di rumah saja selama masa pandemi covid-19 ini.

Host yang juga perwakilan Pirtual Project, Reza Permadi menuturkan sebelum menggelar program di Nglanggeran ini, proyek pertama yang dibuat mengangkat virtual tour Tana Toraja. 

"Setiap hari minggu kami mengangkat program satu destinasi. Minggu kemarin soal Tana Toraja, minggu ini Desa Wisata Nglanggeran," ujarnya.

Sedangkan minggu berikutnya mengangkat virtual tour Gunung Tambora dan dua minggu yang akan datang mengangkat destinasi Sawah Lunto.

Untuk program pertama yang mengangkat soal Tana Toraja,  peminatnya rata rata dari kalangan pekerja dinas dan mahasiswa.

"Program pertama cukup sukses. Tamu jadi merasa ingin mengunjungi obyek itu langsung apabila pandemi ini telah berakhir," ujarnya.

Advertisement banner

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.