Gempa Gunungkidul Tidak Berpotensi Tsunami
Gempa Gunungkidul Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa Gunungkidul Tidak Berpotensi Tsunami

JOGJAGRID.COM: Gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 5,0 terjadi di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi pada pukul 10.47 WIB, Senin (9/12/2019).

Pusat gempa ada di titik koordinat 9,03 Lintang Selatan dan 110,15 Bujur Timur atau 126 km barat daya Gunungkidul, Yogyakarta. Gempa berada di kedalaman 10 km.

Pada Minggu (8/12/2019) sebelumnya, angin kencang melanda sebagian wilayah DIY dan mengakibatkan beberapa dampak seperti pohon tumbang, terputusnya jaringan listrik hingga rumah dan kendaraan rusak.

BMKG pun mencatat kondisi tersebut masih bisa terjadi di wilayah DIY dalam beberapa hari kedepan.
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY Biwara Yuswantana mengungkap masih ada resiko yang kemungkinan dihadapi masyarakat menghadapi kondisi cuaca. Biwara pun berharap masyarakat mencermati kondisi lingkungan untuk pencegahan atau pengurangan resiko kebencanaan.

“Kami ajak masyarakat mencermati kondisi lingkungan, manakala ada yang bisa mengancam keselamatan bila ada angin dan hujan lebat, agar dilalukan pencegahan misalnya dengan memangkas atau menebang pohon yang terlalu rimbun, tua atau keropos. Bila hujan deras hindari keluar rumah, lebih baik masuk rumah, pintu jendela ditutup dan pantau perkembangan cuaca,” ungkap Biwara Senin (9/12/2019).

Ketika sedang dalam perjalanan BPBD DIY juga menghimbau masyarakat untuk berhenti dan berteduh dengan memperhatikan lokasi berteduh. “Jangan di bawah pohon atau papan nama/billboard. Kemudian jangan lupa juga cek kondisi rumah masing-masing seperti atap terutama seng, kanopi atau carport,” sambung Biwara.

Kejadian Minggu (8/12/2019) tercatat dirasakan di wilayah Sleman, Kota Yogyakarta, Gunungkidul dan Bantul dengan titik mencapai lebih dari 29 di semua wilayah. Dampaknya beragam mulai pohon tumbang menimpa kendaraan dan rumah, tiang listrik roboh hingga menyebabkan terputusnya aliran listrik.

Meski begitu, tidak ada korban jiwa dalam kejadian yang terjadi kemarin siang tersebut. (Hanafi Harun)

Advertisement banner

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.