Jaga Pemilu Damai, BEM ITY gelar deklarasi damai
Jaga Pemilu Damai, BEM ITY gelar deklarasi damai

Jaga Pemilu Damai, BEM ITY gelar deklarasi damai



JOGJAGRID.COM - BEM Institut Teknologi Yogyakarta menggelar deklarasi pemilu damai, Sabtu 10 Februari 2024.

Rapat internal di Kampus Institut Teknologi Yogyakarta BEM ITY membahas situasi politik saat ini yang semakin panas menjelang pemungutan suara. Berita Hoax dan ujaran kebencian berkaitan dengan Pemilu 2024 ini semakin banyak bertebaran diberbagai platform media sosial. Beranjak dari hal tersebut, BEM ITY tergerak untuk memberikan sumbangsih positif setidaknya dapat bermanfaat bagi perdamaian di tahun politik ini.

Deklarasi pemilu damai dipilih sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat agar persatuan bangsa tetap menjadi nomor satu walaupun berbeda pilihan politiknya sekaligus memastikan pemilu tahun 2024 mendatang berjalan dengan aman, penuh keharmonisan dan tidak saling memecah belah," ujar Presma Institut Teknologi Yogyakarta Saverinus Saputra Hamur

Selain itu, dengan adanya deklarasi pemilu damai dari temen temen pengurus juga sebagai bentuk dukungan terhadap terlaksananya Pemilu 2024 yang damai dengan menolak segala bentuk kampanye hitam, ujaran kebencian dan informasi hoaks," Lanjutnya.

"Dalam kegiatan ini juga ingin memberikan stimulus kepada pengurus BEM ITY untuk melawan penggunaan hoaks dalam pemilu serta mendorong terciptanya pemilu yang rasional," Imbuh putra

Untuk itu, BEM ITY mengajak masyarakat untuk terlibat dalam suksesi pemilu yang bermartabat, penuh integritas, jujur, adil aman dan demokratis dengan tetap mengindahkan perundang-undangan yang berlaku. 

Cita-cita ideal tersebut berjalan senada dengan kehendak kita bersama untuk melahirkan demokrasi subtansial dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Tindakan-tindakan provokatif yang melahirkan konflik sosial, polariasi dan perpecahan. Tindakan provokatif tersebut tergambar dari praktik kampanye hitam (black campaign), pertunjukan kekerasan dalam kampanye, pemalsuan informasi dan penggunaan bahasa yang kasar, merendahkan dan mencela lawan politik.

Atas kondisi itu, BEM ITY bersama seluruh
elemen strategis mahasiswa yang lain menggelar deklarasi pemilu damai untuk menyatakan sikapnya.*
Advertisement banner

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.