UMKM Cah Enom Kulon Progo Bangkit Bersama Golkar DIY
UMKM Cah Enom Kulon Progo Bangkit Bersama Golkar DIY

UMKM Cah Enom Kulon Progo Bangkit Bersama Golkar DIY



JOGJAGRID.COM : Guna mendorong tumbuhnya perekonomian lokal di Kulonprogo, UMKM Cah Enom hadir untuk mendukung terciptanya ekosistem yang berkesinambungan bagi pelaku UMKM di wilayah bumi binangun.

Anggota DPRD DIY Lilik Syaiful Ahmad, mengatakan, UMKM Cah Enom merupakan wadah bagi berkumpulnya para pelaku UMKM dari segala sektor untuk saling berinteraksi dan berjejaring.

"UMKM Cah Enom ini berisikan pelaku UMKM yang bergerak di bermacam-macam bidang. Mulai dari kuliner, kriya, pembuatan suvenir, herbal, maupun bermacam industri rumahan lainnya," kata Lilik saat ditemui di Pengasih pada Minggu (16/1/2022).

Dikatakan Lilik, wadah UMKM Cah Enom saat ini telah diisi oleh sekitar 700 pelaku UMKM. Wadah UMKM Cah Enom ini memang rata-rata diisi oleh pelaku UMKM yang masih berusia produktif. 

"Sebelumnya, UMKM Cah Enom ini hanya diisi oleh sekitar 600 orang saat dirilis 3,5 tahun yang lalu. Namun, jumlahnya terus berkembang sehingga saat ini anggotanya menjadi 700 pelaku UMKM. UMKM Cah Enom ini diharapkan menjadi sebua wadah para pelaku UMKM untuk berjejaring dan menambah wawasan," sambung Lilik.

Lilik menyatakan bahwa wadah UMKM Cah Enom ini diharapkan mampu mendongkrak perekonomian lokal Kulonprogo. Upaya yang dilakukan oleh organisasi perangkat daerah (OPD) terkait untuk mendongkrak sektor UMKM diharapkan terbantu dengan kehadiran UMKM Cah Enom.

"Kami juga berkoordinasi dengan OPD terkait dalam hal ini Dinkop Kulonprogo maupun Disperindag Kulonprogo. Kami juga berkoordinasi dengan DPR RI, khususnya dengan arahan langsung dari bapak Gandung Pardiman," terang Lilik yang merupakan anggota DPRD DIY dari fraksi Golkar ini.

Anggota DPR RI H.M. Gandung Pardiman menegaskan jika kehadiran UMKM Cah Enom tidak hanya sebatas euforia belaka. Diharapkan, UMKM Cah Enom mampu terus berkembang dengan menonjolkan potensi UMKM lokal yang mampu bersaing di pasar nasional bahkan global.

"Saya berharap potensi lokal yang ada di Kulonprogo mampu digali semaksimal mungkin sehingga mempunyai daya jual di pasar nasional bahkan global. Kami juga akan mendukung kegiatan UMKM Cah Enom ini dengan memberikan bantuan uang tunai. Diharapkan, kehadiran UMKM Cah Enom ini mampu membantu upaya pemerintah pusat maupun kabupaten dalam mendongkrak sektor UMKM," sambung Gandung Pardiman.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Iffah Mufidati, mengatakan kehadiran UMKM Cah Enom mampu memberikan literasi yang cukup bagi pelaku UMKM tentang bagaimana berkompetisi di pasar nasional bahkan internasional.

"UMKM saat ini erat dengan digital marketing ya. Kami mendorong agar UMKM Cah Enom ini mampu bersinergi dengan Pemkab Kulonprogo seperti mendorong skema digital marketing untuk pemasaran produk. UMKM Cah Enom diharapkan mampu bersinergi dengan kami dalam mengembangkan sektor UMKM yang saat pandemi Covid-19 cukup terdampak," ujar Iffah. (Rls)
Advertisement banner

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.