-->
Pengunjung Taman Pintar Dihibur Cerita Sejarah Relief Candi Borobudur
Pengunjung Taman Pintar Dihibur Cerita Sejarah Relief Candi Borobudur

Pengunjung Taman Pintar Dihibur Cerita Sejarah Relief Candi Borobudur




JOGJAGRID.COM  : Sejumlah budayawan menceritakan tentang relief Candi Borobudur kepada para Pengunjung Taman Pintar, Rabu (22/12/2021). 

Produk Analis Taman Wisata Candi (TWC) Dewayani Retno Indarti menjelaskan relief pada Candi Borobudur memiliki kisah menarik yang di dalamnya terdapat berbagai pesan kehidupan. Menurutnya hal itu layak untuk diceritakan kepada para pengunjung.

“Mendongeng lebih menarik, tidak ada kisahnya tetapi juga nilai kehidupan yang terkandung di dalamnya, beragam. Selain itu untuk memperkuat bahwa Candi Borobudur itu seperti perpustakaan yang kaya,” katanya.

Ia menambahkan dalam relief tersebut tersimpan berbagai nilai yang dapat diaplikasikan di era saat ini, sekaligus menjadi penanda kekayaan budaya nusantara.
“Edukasi sejarah nilai sejarah, kisah relief yang sudah ditata oleh nenek moyang kita. Indonesianya akan kuat dengan nilai. Orang akan paham bahwa budaya kita sangat kaya dan penuh dengan nilai, mereka datang dapat kisah yang berbeda-beda,” katanya.

Seniman sekaligus penanggungjawab kegiatan M Boy Rifai menyatakan kegiatan itu dihelat selama beberapa hari di Taman Pintar dengan menghadirkan sejumlah seniman dan budayawan. Pengunjung anak-anak dikenalkan dengan berbagai nilai budaya nusantara. 

“Kegiatan ini sekaligus untuk memperingati hari Ibu, pengunjugn yang datang juga kami sediakan makan yang kami masak di lokasi, kalau hari ini menunya rica-rica sidat,” katanya. (Dho/Ian)
Advertisement

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.