Songsong Libur Nataru, Tukang Parkir di Jogja Dapat Pembinaan Petugas
Songsong Libur Nataru, Tukang Parkir di Jogja Dapat Pembinaan Petugas

Songsong Libur Nataru, Tukang Parkir di Jogja Dapat Pembinaan Petugas


JOGJAGRID.COM: Guna mewujudkan Kota Yogyakarta nyaman menjelang Natal dan tahun baru 2023 bagi wisatawan. Forum komunikasi petugas parkir Yogyakarta (FKPPY) mendapat pembinaan dari Dishub Yogya. 

Hadir dalam forum gorup discusion (FGD) Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Agus Arif Nugroho,  Kasi Satpol PP Yogya Ahmad Hidayat dan Kanit I Subdit III Tipidkor Ditreskrimsus Polda DIY Kompol Andrianus Wilmar SH. 

Dalam FGD itu, juru parkir diminta tetap menaati ketentuan tarif parkir selama Natal dan libur tahun baru 2023. Juru parkir diimbau tidak memanfaatkan kesempatan itu sebagai alasan menaikkan tarif parkir sepihak.

"Tarif parkir sudah ada ketentuannya, khususnya tarif parkir tepi jalan umum. Jangan menaikkan tarif sembarangan," kata Agus, dalam FGD di Yogyakarta, Rabu (23/11). 

Jika menemukan pelanggaran tarif parkir, konsumen diminta untuk melaporkannya ke pihak terkait yaitu Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta. Terhadap petugas parkir nakal, nantinya akan diberikan pembinaan. 

"Tentunya akan ada pembinaan yang diberikan dan penertiban jika ada juru parkir yang menaikkan tarif tidak wajar," katanya.

Bila sudah ada unsur pemaksaan untuk membayarkan tarif parkir sesuai keinginan juru parkir. Maka hal tersebut sudah masuk dalam ranah pemaksaan dan bisa dilaporkan ke kepolisian agar ditindaklanjuti. 

Sehingga diharapkan dalam libur Natal dan tahun baru nanti, tukang parkir diimbau menggunakan seragam, pakai karcis dan berperilaku baik terhadap wisatawan. Jangan sampai menaikan harga parkir yang itu ilegal. 

"Terhadap masyarakat juga, pada saat parkir dilihat juru parkir dan tempatnya. Jangan sampai ada tempat larangan parkir, tapi tetap parkir. Sehingga ada yang memanfaatkan menarik uang parkir," ucapnya. 

Sementara itu Ketua FKPPY Ignatius Hanarto menyambut baik upaya yang dilakukan pemerintah dan kepolisian dalam hal parkir. Sehingga hasil dalam diskusi tersebut bisa menjadi acuan para tukang parkir di Yogyakarta. 

Terlebih menjelang libur Natal dan tahun baru mendatang, bisa memberikan pelayanan yang baik kepada wisatawan yang datang ke Yogyakarta. Pihaknya juga akan melakukan patroli keliling, untuk memonitor parkir. 

"Antisipasi parkir nakal, sudah kita sosialisasikan. Kami juga akan pantau tempat parkir ilegal, karena jelang liburan pasti banyak tempat parkir bermunculan dan akan kami bicarakan dengan Dishub," pungkasnya. (Dho/Ian)
Advertisement banner

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.