-->
Solusi Kembangkan Bisnis UMKM Secara Cerdas Lewat Workshop UGF
Solusi Kembangkan Bisnis UMKM Secara Cerdas Lewat Workshop UGF

Solusi Kembangkan Bisnis UMKM Secara Cerdas Lewat Workshop UGF



JOGJAGRID.COM  : Pelaku usaha kini dituntut mampu meningkatkan skil dan kemampuan untuk memperluas jaringan bisnisnya. Salah satunya yang dilakukan UKM Growth Formula (UGF) yang menggelar Franshise Masterclass "Cara Ampuh Meraih 100 Cabang Bisnis Anda" di Alana Hotel Yogyakarta, Senin (6/6)

Era globalisasi seperti sekarang, kaum wirausaha memegang peranan penting dalam dunia perekonomian. Kehadiran para pelaku UKM yang berkembang mampu membuka peluang lapangan kerja.

Namun faktanya mengembangkan sektor UKM tidak semudah membalikkan tangan. Banyak kendala yang dihadapi meskipun dari sisi produk tergolong bagus. Kendala itu mulai dari SDM, marketing hingga peningkatan kapasitas. 

Hal itu dipaparkan founder UKM Growth Formula (UGF), M Nadzir Alimuddin saat diwawancara, Senin (6/6/2022). 

“Bertolak dari berbagai permasalahan itu, kami berinisiatif mengadakan workshop franchise masterclass. Workshop ini adalah kesempatan bagi wirausaha yang ingin memperluas bisnis dengan sistem franschise,” katanya.

UGF sendiri dibentuk sejak Oktober 2021. Platform pengembangan skala bisnis bagi UKM ini terdiri dari bermacam lini diantaranya mahasiswa, pengusaha, dan pegiat wirausaha. Latar belakang dibentuknya UGF karena banyak pelaku UKM yang merasakan dampak pandemi Covid-19.

Pada acara workshop ini, pelaku UKM bisa menggali ilmu dari dua pebisnis handal yaitu Nilamsari Sahadewa, pemilik waralaba kebab yang memiliki 1.400 outlet di 10 negara, dan Al Harris Wibowo, pengusaha muda sekaligus konsultan bisnis. Materi yang akan disampaikan meliputi tools dealing, pitching mitra dan investor, template proposal kemitraan, draft MoU perjanjian franchise, networking, konsultasi bisnis, strategi marketing hingga konten viral untuk bisnis.

Co-founder UGF, M Andhika Yudistira menambahkan, pada Februari lalu telah diadakan franchise masterclass yang pertama dengan pembicara utama yang sama. 

“Waktu itu diikuti oleh 25 peserta. Sampai sekarang perkembangan bisnis dari para peserta tetap kami pantau, mereka juga bisa berkonsultasi kapanpun,” ujarnya.

Dia berharap workshop batch kedua ini bisa menjangkau lebih banyak peserta sehingga ilmu yang dibagikan oleh pembicara dapat meluas dan bermanfaat. (Ian/Grid)
Advertisement

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.