-->
Begini Cara Golkar DIY Advokasi Hukum Dukuh se- Gunungkidul
Begini Cara Golkar DIY Advokasi Hukum Dukuh se- Gunungkidul

Begini Cara Golkar DIY Advokasi Hukum Dukuh se- Gunungkidul



JOGJAGRID.COM : Untuk memberikan perlindungan Hukum,  Badan Advokasi Hukum dan HAM (BakumHAM) DPD Partai Golkar DIY menandatangani kerjasama MOU dengan Janaloka Paguyuban Dukuh  se Gunungkidul di Grha Gandung Pardiman Center (GPC) di Genjahan, Ponjong, Minggu (27/2).

Kerjasama ditandatangani Ketua BakumHAM DPD Partai Golkar DIY Listiana Lesatari dan Ketua Janaloka Suteja disaksikan Ketua DPD Golkar DIY Drs HM Gandung Pardiman MM dan Ketua Paguyuban  Lurah dan Pamong Gunungkidul Bambang Setyawan.

“Kerjasama ini sebagai bentuk saling menguatkan. Partai Golkar tidak pandang bulu. Jangankan dukuh politikus DPRD Gunungkidul yang pernah tersangkut hukum Partai Golkar memberikan advokasi,” kata Ketua DPD Golkar DIY Drs HM Gandung Pardiman MM. 

Kegiatan dihadiri Ketua Yayasan GPC Syarief Guska Laksana SH,  Ketua DPD Golkar Gunungkidul yang juga Waket DPRD Heri Nugroho SS, Ketua Komisi A yang juga Fraksi Golkar Eri Agustin, Ketua Fraksi Partai Golkar Jumiran SE, Sekretaris Fraksi Gunawan SE dan anggota Fraksi Sarjana SE, Lurah Genjahan Agung Nugroho, Dewan Penasehat Golkar Ratna Pintoyo,  Paguyuban Lurah di Kapanewon Karangmojo dan anggota paguyuban dukuh Janaloka. 

Dalam kesempatan ini Drs HM Gandung Pardiman MM juga mengundi puluhan doorprice, uang tunai jutaan rupiah, mesin cuci, kulkas.

Ketua Yayasan GPC Syarief Guska Laksana juga menyerahkan bantuan kursi roda kepada warga di Jelok Semanu melalui dukuh.  

Ketua Yayasan GPC Syarief Guska Laksana menambahkan,sebelumnya di lokasi bencana alam angin putting beliung di Semanu juga telah memberikan bantuan untuk rehab balai dusun yang rusak, mesin gergaji hingga genzet. Selain itu Tim relawan rescue GPC melakukan penanganan kerusakan rumah dan fasilitas umum. 

Dalam acara ini HM Gandung Pardiman MM juga mendapatkan kejutan ucapan selamat Ulang tahun ke 69 dan pemotongan tumpeng dari Paguyuban Dukuh Janalola. HM Gandung Pardiman menyampaikan terimkasih atas ucapan ulang tahun.  

Drs HM Gandung Pardiman MM yang juga anggota Komisi VII DPR RI mengungkapkan, sesama pemimpin di Gunungkidul harus saling menguatkan. Termasuk jajaran Janaloka harapannya bisa memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.  Jangan sampai hanya membawa program ‘genthong babi’, yang merupakan program dari pemerintah tetapi ditumpangi kepentingan. 

“Berkait dengan kerjasama ini Partai Golkar tidak ingin dukuh menjadi korban dari ketidaktahuan atau kriminalisasi. Melalui pendampingan BakumHAM dukuh diharapkan akan mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik. Bisa menjadi pelayan bagi masyarakat,” imbuh HM Gandung Pardiman MM yang memiliki Slogan Ikhlas Berjuang, Ikhlas Beramal dan Peduli Semuanya ini.

HM Gandung Pardiman MM juga memikirkan agar pamong baik lurah, dukuh maupun perangkat ketika sudah pensiun tidak ‘kabur kanginan’. Sehingga diharapkan Janaloka nantinya memiliki program termasuk mendirikan koperasi. 

Sehingga dapat menjadi solusi ketika ada anggota yang mengalami kesulitan keuangan. Jangan sampai terjebak kepada pinjaman online illegal ataupun bank plecit. Janaloka ke depan diharapkan membentuk kepengurusan tiap tiap Kapanewon , nantinya akan disuport dari GPC. 

“Keberanian Ketua Ismoyo Lurah Kepek Bambang Setiawan memberikan apresiasi (kios) bagi pamong yang pensiun cukup bagus. Karenanya nanti untuk Pengurus Ismoyo Gunungkidul akan dibuatkan seragam,” imbuhnya. 

Ketua Paguyuban Dukuh Janaloka Gunungkidul Sutejo mengaku bersyukur dan berterimakasih kepada Ketua DPD Golkar DIY Drs HM Gandung Pardiman MM. Karena Janaloka sudah menandatangani kerjasama dengan BakumHAM Partai Golkar DIY. 

Dukuh dalam melaksanakan tugas syarat dengan resiko tersandung hukum karena tidak disengaja. Kurang paham terkait tugas fungsi, sehingga dijadikan sebagai peluang pelanggaran.

Adanya kerjasama ini diharapkan dukuh memiliki pendampingan, sehingga bisa menekan sekecil mungklin pelanggaran yang bisa muncul. 

“Paguyuban Janaloka di Gunungkidul memiliki anggota 1.429. Sehingga adanya kerjasama dengan BakumHAM Partai Golkar menjadi semangat dukuh dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Agar pelayanan terhadap masyarakat dapat berjalan lebih maksimal,” jelasnya. 

Ketua Paguyuban Lurah dan Pamong se Gunungkidul Bambang Setyawan mengaku cukup lega dengan adanya MOU BakumHAM Partai Golkar DIY dengan Janaloka. Sehingga dukuh yang merupakan pelayan utama di masyarakat bisa menjalankan tugasnya dengan tenang. 

Melalui pendampingan Partai Golkar tentunya akan dapat menekan terjadinya pelanggaran di lapangan. Ke depan Lurah juga perlu untuk memperoleh pendampingan. Sehingga dapat melaksanakan kinerja dengan lebih tenang. 

“Pendampingan bagi pamong penting dalam bidang hukum hingga kesejahteraan.  Selaku Lurah Kepek juga sudah memberikan terobosan dengan menyiapkan kios di rest area patung sapi untuk diberikan bagi lurah, pamong hingga jaga malam yang sudah pensiun,” ucapnya.

Ketua DPD Golkar Gunungkidul Heri Nugroho menambahkan, Paguyuban Janaloka kini sudah memiliki SK KemenkumHAM, sehingga ke depan akan dapat ikut terlibat dalam public hearing. Berkait dengan rencangan peraturan daerah. 

Berkait dengan kerjasama ini ke depan akan ditindaklanjuti dengan mengundang BakumHAM Golkar DIY, bagian hukum pemda , lembaga terkait yang memiliki hubungan dengan Janaloka. Nantinya lokasinya di Balai Kalurahan Kepek. 

“Forum tersebut bisa dipergunakan untuk mengupas segala permasalahan dan sharing dengan lembaga terkait,” ujarnya.

(Dho/Ian)
Advertisement

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.