-->
Rapat Kerja Teknis APEKSI 2021 di Yogya Resmi Ditutup
Rapat Kerja Teknis APEKSI 2021 di Yogya Resmi Ditutup

Rapat Kerja Teknis APEKSI 2021 di Yogya Resmi Ditutup




JOGJAGRID.COM: Agenda Rapat Kerja Teknis dan juga gelaran Indo Smart City Forum & Expo (ISCFE) 2021 yang digelar Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) di Yogyakarta secara resmi ditutup Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti Jumat 15 Oktober 2021. 

Event ini berlangsung tiga hari, Rabu hingga Jumat, 13-15 Oktober 2021, dipusatkan di The Rich Jogja Hotel.
ISCFE 2021 yang menjadi satu rangkaian dengan kegiatan Rapat Kerja Teknis APEKSI 2021

"Alhamdulilah kegiatan APEKSI 2021 di Yogya berlangsung lancar, tidak ada laporan penularan kasus Covid-19 dan bisa merumuskan sejumlah hal penting yang menjadi evaluasi bagi para anggota yang hadir," kata Haryadi Suyuti.

Haryadi mengatakan gelaran APEKSI 2021 yang mengusung tema besar
Membangun Ekosistem Smart City Berkelanjutan bagi Penanggulangan Pandemi ini penting untuk melanjutkan semangat bagi para pemerintah kota di Indonesia dalam mengimplementasikan Smart City atau Kota Cerdas dalam kerangka pembangunan ke depan di wilayahnya.

"Smart City ini bukan sekedar label, kami yakin kalau label semua sudah melabeli kotanya dengan itu, namun lebih pada upaya menuju atau toward to Smart City, bukan soal What, tapi soal Who," kata Haryadi.

Smart City, ujar Haryadi, mencita citakan terwujudnya ekosistem yang memberdayakan masyarakat secara cerdas di berbagai sektor.

"Jadi bukan hanya infrastruktur tapi diperlukan peningkatan kualitas penggunaan pada sumber daya manusia,  seperti smartphone itu, wujudnya ada tetapi bagaimana kualitas penggunaannya," kata dia.

"Nah, forum ini mempertemukan para pemerintah kota untuk berpikir, mencari inspirasi, berbagai informasi bagaimana membuat kota mereka semakin maju dan cerdas," kata dia.

Direktur Eksekutif Apeksi sekaligus Sekretaris Dewan Pengurus Apeksi Alwis Rustam mengatakab total ada 53 walikota hadir secara langsung dan perwakilan dari 70 pemerintah kota lainnya.

"Apeksi ini menjadi momentum sangat baik bagi para Walikota untuk menguatkan sinergi antarwalikota dalam penguatan ekosistem ekonomi, termasuk sinergi dengan swasta/dunia usaha," kata dia.

Ekosistem yang dimaksud adalah masyarakatnya siap, birokrasinya siap dalam memanfaatkan semua sumber daya yang dimiliki untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan kualitas kehidupan yang tinggi melalui pemerintahan berbasis partisipasi masyarakat," terang 

Menurut Alwis, forum itu berfokus mengangkat penerapan konsep smart city yang dinilai akan memberi dampak positif sangat besar bagi sektor pariwisata.

"Tekonologi informasi dalam smart city akan menyajikan beragam informasi yang memudahkan masyarakat mengunjungi destinasi wisata," ujarnya. 

Dalam acara penutupan, diberikan penghargaan kepada stan expo terbaik. (Ian/Yok)
Advertisement

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.