-->
Keseruan Seminar Dan Lomba Sahabat Ganjar Untuk Para Santri Di Jawa Tengah
Keseruan Seminar Dan Lomba Sahabat Ganjar Untuk Para Santri Di Jawa Tengah

Keseruan Seminar Dan Lomba Sahabat Ganjar Untuk Para Santri Di Jawa Tengah




JOGJAGRID.COM : Setelah sukses menggelar aksi Grebek Ponpes yang dilakukan pada 21 - 22 Oktober, akhirnya kegiatan Sahabat Ganjar ditutup dengan seminar mengenai "Santri Kreatif Santri Muda Inspiratif" dan juga kegiatan lomba yang bertema "Cipta Kreasi Wirausaha Santri Berprestasi." Lokasi acara diselenggarakan di Pondok Pesantren Tanbihul Ghofiliin – Alif Baa, Mantrianom, Banjarnegara. Minggu (24/10/2021).
 
Kegiatan hari ini dibuka dengan seminar singkat yang bertemakan "Santri Kreatif Santri Muda Inspiratif" yang diisi oleh A. Jaka Saptana DPP Sahabat Ganjar, Bambang Wahyuono Ketua HIPMIKINDO (Himpunan Pengusaha Mikro dan Kecil Indonesia) Jawa Timur, dan Sarbiyanto, Redaktur Ekonomi dan Wacana Suara Merdeka. Seminar ini berfokus pada menggali potensi santri-santri untuk mengembangkan peluang usaha di masa pandemi saat ini.

Salah satu pembicara, Sarbiyanto, menyampaikan 5 Poin Penting Menjadikan Pesantren Wirausaha yang Sukses dalam seminar Santri Kreatif Santri Muda Inspiratif tersebut. Sarbiyanto menekankan harapannya agar santri meneladani Rasulullah SAW dalam segala aspek kehidupan, termasuk berwirausaha.
 
“Dengan memperingati Hari Santri Nasional 2021, hendaknya dapat mendorong para santri menjadi santripreneur (santri wirausaha/santri pengusaha) untuk mewujudkan pesantrenpreneur (pesantren wirausaha) yang sukses, meneladani Rasulullah Saw,”  ucap Sarbiyanto.
 
Kemudian diikuti dengan lomba yang bertema "Cipta Kreasi Wirausaha Santri Berprestasi," lomba ini diikuti oleh 10 pondok pesantren yang ada di Jawa Tengah, lomba ini bertujuan untuk mengasah ide wirausaha yang dimiliki santri.
 
Setelah melakukan kunjungan kebeberapa Pondok Pesantren di Jawa Tengah terutama di Tegal, Pemalang, Purbalingga, dan Purwokerto, Sahabat Ganjar menutup kegiatan di Banjarnegara dengan berbagai kegiatan khususnya seminar dan lomba untuk para santri di Pondok Pesantren Tanbihul Ghofiliin Mantrianom.
 
Seminar menjadi pembuka dalam kegiatan hari ini. Para santri yang menghadiri seminar ini terlihat sangat antusias ketika narasumber menjelaskan mengenai materi disampaikan. Salah satu santri yang bernama Muhammad Hafiz mengungkapkan kegembiaraannya saat ditanya oleh Sahabat Ganjar mengenai seminar ini.
 
“Jarang ada seminar wirausaha di pesantren, makanya saya sangat senang dengan adanya acara Sahabat Ganjar ini, saya jadi lebih tau tetang wirausaha dan cara membuka usaha baru. Semoga setelah lulus saya dan teman-teman bisa membuat usaha baru,” sebut Muhammad Hafiz.
 
Kegiatan berikutnya diisi dengan lomba membuat ide wirausaha menggunakan aset yang sudah dimiliki pondok pesantren dan merepresentasikan konsep usaha yang akan dijalankan.
 
“Sahabat Ganjar tidak berhenti untuk memotivasi para santri khususnya di Jawa Tengah mengenai berwirausaha. Kami berharap dengaan adanya seminar dan lomba ini, para santri dapat mengimplementasikan ide-ide kewirausahannya ke kehidupan sehari-hari,” tutur Bambang Wahyuono selaku ketua DPW Jatim.
 
Sementara itu A. Jaka Saptana Ketua Umum DPP Sahabat Ganjar sekaligus pengisi materi pada seminar berharap kegiatan ini dapat memberikan insprirasi terutama di bidang wirausaha agar para santri dapat menggali potensi diri untuk membuat usaha mandiri.
 
“Kami berharap acara ini bisa menggali potensi diri para santri untuk bisa membuat usaha mandirinya. Kemarin kita sudah melakukan Grebek Ponpes yang bertujuan untuk membekali Pondok Pesantren untuk terjun ke dunia digital. Dan hari ini adalah puncak kegiatan Grebek Ponpes untuk melihat potensi berwirausaha yang dimiliki para santri khususnya di Jawa Tengah,” sebut A. Jaka Saptana.
 
“Sahabat ganjar mengadakan seminar Santri Kreatif Santri Muda Inspiratif, selain seminar, giat pada grebek ponpes sahabat ganjar mengadakan lomba Cipta Kreasi Wirausaha Santri Berprestasi. Tujuan dari lomba adalah tidak lain untuk melahirkan para santri yang mempunyai pemikiran kedepan tentang wirausaha. Minimal dalam lingkungan kecilnya yaitu di dalam pondok pesantrennya sendiri,” tutur Indah CH., selaku Humas DPP Sahabat Ganjar.
 
Sahabat Ganjar berharap dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi gebrakan baru untuk para santri agar terbiasa untuk membuka wirausaha khususnya di dunia digital. Hal ini berkaitan dengan terus berkembangnya dunia internet yang mengharuskan setiap masyarakat untuk terbiasa menggunakan platform tersebut khususnya di dunia wirausaha.
 
Kegiatan yang dilakukan ini tidak lepas dari kepatuhan protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Memakai masker dan menjaga jarak merupakan hal wajib yang harus dijalankan Sahabat Ganjar dan semua perserta.
 
Tidak lupa Sahabat Ganjar selalu menjaga protokol kesehatan disetiap kegiatannya. Seperti menjaga jarak dan memakai masker untuk para relawan Sahabat Ganjar dan semua peserta yang mengikuti kegiatan tersebut. (Yok/Sam)
Advertisement

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.