-->
Dimulai, Pameran 'Jalan Menuju Media Kreatif #13' FSMR ISI
Dimulai, Pameran 'Jalan Menuju Media Kreatif #13' FSMR ISI

Dimulai, Pameran 'Jalan Menuju Media Kreatif #13' FSMR ISI




JOGJAGRID.COM:  Pameran dan Penayangan Seni Media Rekam 'Jalan Menuju Media Kreatif' merupakan program tahunan yang diselenggarakan Fakultas Seni Media Rekam (FSMR) Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta sejak tahun 2009.

Program ini diikuti oleh mahasiswa, staf pengajar program studi Fotografi, Televisi, dan Animasi FSMR, ISI Yogyakarta.

Selain itu juga diikuti oleh kolega dunia akademis, industri, para professional, dan seniman seni media rekam baik dalam negeri maupun luar negeri.

Pameran yang berlangsung, di FIAP Exhibition Center, Galeri Pandeng, FSMR ISI Yogyakarta, 28 Oktober-12 November 2021, ini didedikasikan kepada publik sebagai bentuk pertanggungjawaban terhadap eksistensi dan pengembangan keilmuan bidang seni media rekam khususnya fotografi, program televisi, film, animasi dan game serta sebagai indikator kualitas belajar mengajar di FSMR ISI Yogyakarta. 

Pameran tahunan seni media rekam “Jalan Menuju Media Kreatif (JMMK)” #13 yang diselenggarakan pada tahun ini secara khusus menyajikan tema “Disrupsi Seni Media Rekam Di Era New Normal”

Menurut Merriam-Webster, disrupsi adalah tindakan atau proses mengganggu sesuatu: istirahat atau gangguan dalam perjalanan normal atau kelanjutan dari beberapa kegiatan, proses, dan lain sebagainya. 

Era New Normal menjadi tolok ukur ruang dan waktu untuk tema pameran guna membersamai semangat zaman yang dialami pada masa pandemic Covid-19. 

Berangkat dari konteks tersebut, JMMK #13 ini mencoba untuk menyoroti dan menampilkan karya-karya seni media rekam yang mucul di Era New Normal dengan strategi dan siasat yang unik dan baru pada perwujudannya.

Pameran dan tayang virtual seni media rekam “Jalan Menuju Media Kreatif 13” dilaksanakan di FIAP Exhibition Center (FEC), Galeri Pandeng, FSMR, ISI Yogyakarta secara virtual melalui https://galeripandeng.isi.ac.id/ pada tanggal 28 Oktober sampai dengan 12 November 2021. 

JMMK #13 merupakan pameran dan tayang seni virtual yang resmi bertaraf internasional karena telah mendapatkan sertifikasi dari Fédération Internationale de l’Art Photographique (FIAP).

Pemilihan waktu pelaksanaan bulan Oktober sekaligus bertepatan dengan peringatan ulang tahun FSMR, ISI Yogyakarta yang ke-27 sesuai dengan mulainya operasional di FSMR, ISI Yogyakarta. 

Pameran dan tayang virtual ini menampilkan karya fotografi, program televisi, video-art, film dokumenter, film cerita, film animasi, dan game karya mahasiswa dan dosen di lingkungan FSMR ISI Yogyakarta.

Maupun karya- karya tamu yang setiap tahun selalu turut berpartisipasi dari berbagai perguruan tinggi seni dengan program studi bidang media rekam yang tergabung dalam BKS-PTSI (Badan Koordinasi Seni Perguruan Tinggi Seni Indonesia). 

Ada juga para kolega profesional Fakultas Seni Media Rekam, dan peserta tamu dari perguruan tinggi sejenis di luar negeri yang menjalin kerja sama dengan FSMR ISI Yogyakarta.

Seperti CIT Canberra, Universiti Teknologi Mara (UiTM) Malaysia, VCA - University of Melbourne, Eszterhazy Karoly University Hungaria, RMIT Australia, KMITL Thailand, dan juga University of Arts Targu Mures Romania.

Pada penyelenggaraan yang ke-13 di tahun 2021 ini, terdapat total 65 karya dari fotografi, film dan televisi, serta film animasi dan game baik dari civitas academica FSMR, ISI Yogyakarta maupun kolega akademik dalam dan luar negeri. Keragaman karya-karya yang ditampilkan merupakan represenasi semangat zaman yang muncul dan terlecut dari pengalaman selama masa pandemi ini dengan berbagai dialektikanya.

Dekan FSMR, Dr Irwandi MSn menyampaikan, kegiatan JMMK #13 yang diadakan bertepatan dengan perayaan 27 tahun kelahiran FSMR, ISI Yogyakarta ini diselenggarakan di masa pandemi, sehingga menuntut banyak hal ‘baru’ untuk tetap produktif dan kreatif di tengah berbagai keterbatasan.

“Tahun ini, JMMK memaksimalkan pemanfaatan web FEC, Galeri Pandeng dan juga aplikasi berbasis android sebagai media representasi karya. Hal ini sebagai wujud semangat seluruh civitas academica FSMR, ISI Yogyakarta untuk berbagi informasi dan memudahkan stakeholder dalam mengakses dan menikmati karya-karya yang disajikan dalam pameran dan penayangan virtual,” katanya, Kamis (28/10/2021). 

Aplikasi android tersebut dapat diunduh melalui Google Playstore dengan kata kunci JMMK.
Diharapkan pameran dan penayangan ini dapat menjadi penguatan lembaga pendidikan media rekam dalam mengimplemetasikan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). 

Selain itu juga makin erat jalinan kerja sama dan koneksi dengan seluruh keluarga besar FSMR, ISI Yogyakarta beserta para stakeholder dalam mengembangkan karya dan ilmu seni media rekam. Semoga pameran ini mendapat apresiasi positif demi tercapainya cita-cita luhur sebagai bagian dari upaya menggali jati diri bangsa melalui seni. (Ian/Dho)

Advertisement

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.