-->
Poltekes Kemenkes Yogyakarta Kirim Ratusan Relawan Mahasiswa Bantu Tangani Covid
Poltekes Kemenkes Yogyakarta Kirim Ratusan Relawan Mahasiswa Bantu Tangani Covid

Poltekes Kemenkes Yogyakarta Kirim Ratusan Relawan Mahasiswa Bantu Tangani Covid




JOGJAGRID.COM- Poltekes yogyakarta secara simbolis memberangkatkan 26 relawan sekaligus mahasiswa tingkat akhir profesi nurse atau perawat ke Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD ) Wonosari Gunungkidul, Yogyakarta. Pelepasan dilakukan secara simbolis di halaman kampus Poltekes Kemenkes Yogyakarta di jalan Tata Bumi Sleman Yogyakarta oleh Direktur Poltekes Kemenkes Yogyakarta Joko Susilo SKM, MKes yang didampingi Wakil Direktur I Dr Heni Puji Wahyuningsih S.SiT, M.Keb, Wakil Direktur II RR Sri Arini Winarti Rinawati, SKM, M.Kep, Wakil Direktur III Dr. Iswanti, SPd, M.Kes dan kepala jurusan Keperawatan Bondan Palestin, SKM, M.Kep, Sp.Kom.

" Minggu kemarin kita juga telah memberangkatkan seratus lebih relawan ke sejumlah rumah sakit di Yogyakarta untuk membantu penanganan pasien Covid yang akhir - akhir ini membludak. Kemudian hari ini kita berangkatkan 26 relawan dan akan menyusul puluhan relawan yang siap dikirimkan ke sejumlah rumah sakit dan Puskesmas untuk membantu penanganan pasien Covid 19," ungkap Direktur Poltekes Kemenkes Yogyakarta Joko Susilo SKM, MKes usai melepas puluhan relawan yang akan bertugas di RSUD WOnosari.




Lebih lanjut Joko Susilo mengatakan, para relawan yang dikirim ini adalah mahasiswa profesi nurse tingkat akhir sekaligus sebagai kegiatan akademik praktek klinik mengingat situasi pandemi covid di DIY. Selain itu, Potekes Kemenkes Yogyakarta juga sudah melepas para relawan di sejumlah puskesmas di Kota Yogyakarta sesuai kesepakatan dengan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta. Hal ini dilakukan Sebagai bentuk karya nyata dari Poltekes kemenkes Yogyakarta untuk negeri.

" Kami mengirimkan para relawan ini karena di Yogyakarta kekurangan tenaga kesehatan. kami kirim  ratusan relawan dari mahasiswa tingkat akhir profesi nurse karena di Yogyakarta saat ini membutuhkan tambahan tenaga medis perawat untuk membantu menangani pasien Covid 19 yang melonjak. Kegiatan ini sesuai dengan surat edaran Menteri Kesehatan nomor 4394, dimana dimungkinkan mahasiswa tingkat akhir sebagai relawan dan dihargai SKS Pembelajaran dan akan mendapatkan hak dan kewajiban," terang Direktur Poltekes Kemenkes Yogyakarta Joko Susilo.

Joko Susilo berharap pengiriman relawan tenaga kesehatan yang sudah profesional dari Poltekes Kemenkes Yogyakarta ini diharapkan membantu pelayanan kesehatan di sejumlah rumah sakit dan Puskesmas. 

" Diharapkan dengan tambahan relawan tenaga kesehatan yang merupakan mahasiswa tingkat akhir ini dapat membantu sejumlah rumah sakit yang sangat membutuhkan tambahan tenaga kesehatan," ujar Joko Susilo.

Apalagi, imbuh Joko,  saat ini banyak rumah sakit yang membuat tenda darurat dan penambahan ruangan dan hal ini jelas membutuhkan tenaga kesehatan tambahan. Oleh karena itulah Poltekes Kemenkes Yogyakarta kirim ratusan relawan ini. 

" Dengan adanya tambahan tenaga kesehatan dari relawan poltekes Yogyakarta ini maka masyarakat akan menjadi tenang karena terlayani dengan baik oleh tenaga profesional," kata Joko Susilo.

Sampai saat ini total ada 130 relawan yang sudah diberangkat Poltekes Kemenkes Yogyakarta ke sejumlah rumah sakit di DIY dan Jawa tengah. Diantaranya ke rumah Sakit Bragas Waras Klaten, RSUD Wonosari, RS Queen Latifa, RSUP Sarjito, RS HArjo Lukito, Sejumlah Puskesmas di Kota Yogyakarta serta di Sejumlah Klinik dan Laboratorium. (Adi)
Advertisement

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.