-->
Pelaku Wisata Malioboro Vaksinasi Massal Dosis Kedua Pekan Depan
Pelaku Wisata Malioboro Vaksinasi Massal Dosis Kedua Pekan Depan

Pelaku Wisata Malioboro Vaksinasi Massal Dosis Kedua Pekan Depan



JOGJAGRID.COM : Pemerintah Kota Yogyakarta menyiapkan vaksinasi massal dosis kedua bagi para pelaku wisata dan ekonomi yang sudah mendapatkan vaksinasi massal dosis pertama pada 1-6 Maret 2021 lalu.

Pelaku wisata dan ekonomi Malioboro itu meliputi 
pedagang Pasar Beringharjo, pedagang kaki lima dan pekerja sektor informal.

"Dosis kedua vaksinasi pelaku wisata dan ekonomi Malioboro itu mulai 15-20 Maret 2021," ujar Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit dan Pengelolaan Data dan Sistem Informasi Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Yogyakarta, Lana Unwanah Sabtu 13 Maret 2021.

Dalam vaksinasi massal dosis kedua Dinas Kesehatan menyatakan, tidak melayani warga yang sebelumnya telah mendapat undangan vaksinasi massal dosis pertama, tapi tidak datang. 

“Tidak bisa dilayani yang tahap pertama tidak datang, karena ketentuan vaksinasi massal dosis kedua sebelumnya harus sudah mendapatkan penyuntikan dosis pertama,” ujar Lana.

Sebelumnya dari target total ada 19.200 orang yang terdaftar dalam calon penerima vaksin dalam  vaksinasi massal Malioboro 1-6 Maret 2021, diketahui tak tercapai sesuai target 100 persen.

Warga Malioboro yang akhirnya datang saat penyuntikan dosis pertama saat itu hanya sebanyak 17.240 orang atau 89,79 persen dan yang divaksinasi mencapai 16.364 orang atau 85,18 persen.

Lana mengatakan untuk lokasi vaksinasi massal dosis kedua ini tak berbeda tempatnya seperti tahap pertama. Yakni disebar di tiga titik yakni Pasar Beringharjo lantai 3, Benteng Vredeburg dan Taman Parkir Abu Bakar Ali.

"Vaksinasi dosis kedua ini juga  secara massal untuk memudahkan akses masyarakat dan tidak mengganggu layanan di puskesmas," kata Lana.

Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta meminta masyarakat yang sudah mendapatkan vaksin dosis pertama datang sesuai hari saat mereka mendapatkan vaksinasi pertama. Misalnya vaksinasi dosis pertama dilakukan hari Senin, maka dosis kedua mereka juga diminta datang hari yang sama, yakni Senin.

"Soal jadwal ini karena mengingat ketentuan penyuntikan dosis kedua hanya bisa dilakukan setelah 14 hari  penyuntikan dosis pertama untuk usia 18-59 tahun," kata dia.

Namun khusus untuk warga berusia di atas 60 tahun atau lanjut usia yang sudah mendapatkan suntikan dosis pertama dalam vaksinasi massal pertama, penyuntikan dosis kedua baru dilakukan Sabtu 3 April 2021 di Benteng Vredeburg.

Hal itu karena ketentuan penyuntikan vaksin Covid-19 dosis kedua bagi lansia, minimal 28 hari setelah penyuntikan vaksin pertama.

Vaksinasi massal pelaku wisata ekonomi Malioboro itu setiap harinya digelar mulai pukul 08.00-16.00 WIB

"Jumlah tenaga medis yang disiapkan untuk pelaksanaan vaksinasi massal dosis kedua sebanyak 1.564 orang," kata dia.


Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan saat ini antusiasme masyarakat untuk ikut vaksinasi Covid-19 sangat tinggi. 

"Banyak yang datang ke lokasi meskipun belum mendaftar itu tidak bisa. Calon penerima vaksin Covid-19 harus mendaftarkan dulu lewat website Kementerian Kesehatan,” kata Heroe. (Van/San)
Advertisement

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.