-->
 Pencanangan Program Kalurahan Inovatif Gantikan Desa Unggulan
 Pencanangan Program Kalurahan Inovatif Gantikan Desa Unggulan

Pencanangan Program Kalurahan Inovatif Gantikan Desa Unggulan



JOGJAGRID.COM : Tim Penggerak PKK Kabupaten Sleman  mencanangkan program Kalurahan Inovatif yang akan diusung pada tahun 2021. Hal itu menyusul adanya perubahan nama dari Desa menjadi Kalurahan di wilayah Yogyakarta.

Perubahan nama program tersebut disampaikan secara langsung oleh Ketua TP PKK Sleman, Dra. Hj. Kustini Sri Purnomo saat rapat koordinasi bersama TP PKK Kalurahan, Kapanewon dan Kabupaten via zoom di Smart Room Kominfo Sleman, Senin (15/2).

"Seperti yang kita tahu, program desa unggulan merupakan salah satu program pokok istimewa dari 10 program pokok PKK. Dengan adanya perubahan desa menjadi Kalurahan, maka desa unggulan diubah menjadi menjadi Kalurahan Inovatif," ucap Kustini.

Program kalurahan inovatif, dijelaskan Kustini, memiliki cangkupan yang lebih luas bila dibandingkan desa unggulan. Pasalnya program disesuaikan dengan program PKK Pusat yang mengacu pada paradigma baru.

Paradigma baru yang dimaksud yakni sikap dan cara pandang baru, mau dan mampu menerima pembaharuan, menciptakan iklim kerja dalam satu kesatuan tim, menghargai individu serta merencanakan kegiataan secara bertahap dan sistematis.

"Terutama dalam masa pandemi ini, bagaimana kader PKK Kalurahan mempunyai terobosan dalam turut serta menangani penyebaran covid dan bisa berbagai ilmu dengan kalurahan lain dalam membantu upaya pemerintah," jelas Kustini.

Program kalurahan inovatif yang melibatkan dinas terkait di Sleman akan berkoordinasi langsung dengan Bupati. Hal itu sesuai dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Sleman tahun 2021 yakni hadir di Kalurahan untuk menyapa masyarakat.

Untuk program Pokja I akan berfokus pada adaptasi kebiasaan baru (AKB) yang dilakukan melalui sosialisasi dan edukasi melawan Covid-19. Pokja II memastukan layanan PAUD Formal dan Non Formal terintegrasi dengan posyandu dan BKB.

Sementara Pokja III akan memastikan ketahanan pangan di Kabupaten Sleman meningkat. Program Pokja IV akan merangsang pertumbuhan indeks kesehatan bertambah baik melalui kegiatan berjenjang mulai dari Kalurahan, Kapanewon hingga Kabupaten.

"Kita tentunya berharap kegiatan lomba-lomba baik nasional dan daerah 10 program pokok PKK bisa dilaksanakan tahun ini. Karena melalui itu akan meningkatkan gairah kader dan desa dalam berinovasi. Tetapi perlu kita tunggu perkembangan Covid-19 ke depan seperti apa," tambahnya.

Selain program Pokja, Kustini juga meminta program bina keluarga sejahtera (BKS) dan program posyandu terintegrasi bisa dikoordinasikan maksimal dengan instansi terkait. Dirinya berharap dengan semua kalurahan di sleman menjadi semakin inovatif, berkembang maju bersama sesuai dengan visi-misi dan kearifan lokal kalurahan setempat.

" Disini saya juga ingin pamit kepada seluruh pengurus dan kader PKK se Kabupaten Sleman. Mari ke depan kita bekerjasama untuk meneruskan dan meningkatkan program kerja pemerintah kalurahan, kapanewon dan kabupaten," pungkasnya. (Ves) 

Advertisement

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.