Anggota DPRD Sleman Hj. Sumaryatin : Ada Ruang Politik Luas Yang Belum Dimanfaatkan Perempuan
Anggota DPRD Sleman Hj. Sumaryatin : Ada Ruang Politik Luas Yang Belum Dimanfaatkan Perempuan

Anggota DPRD Sleman Hj. Sumaryatin : Ada Ruang Politik Luas Yang Belum Dimanfaatkan Perempuan

 


JOGJAGRID.COM: Anggota Fraksi PKS DPRD Sleman Hj. Sumaryatin, S.Sos., M.A menuturkan saat ini ruang dan kesempatan bagi perempuan untuk terjun ke kancah politik sudah terbuka lebar dan makin luas.

Kiprah perempuan dalam berbagai kancah perpolitikan baik sebagai di jajaran eksekutif, legislatif, maupun lainnya menurut Hj. Sumaryatin perlu dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Kami memang terus mendorong agar kalangan perempuan dapat memanfaatkan ruang dan kesempatan dalam dunia politik yang semakin terbuka lebar saat ini,” ujar  Hj. Sumaryatin Senin 15 Februari 2021.

Satu-satunya perwakilan perempuan dari enam total kursi yang berhasil diraih PKS Sleman pada pemilu legislatif 2019 itu mencontokan di tataran legilastif misalnya, masih banyak perempuan enggan memanfaatkan ruang dan jatah kursi yang telah disediakan.

“Ya memang untuk perempuan terjun ke politik memang butuh sebuah ketangguhan tersendiri agar yang diharapkan dapat tercapai, tapi yang pasti ruang itu ada hanya perlu digaungkan lebih luas lagi,” ujar anggota dewan dari Dapil 3 Sleman (Kecamatan Kalasan, Prambanan dan Ngemplak) itu.

Sekretaris Komisi A DPRD Kabupaten Sleman itu mengatakan distribusi motivasi-motivasi untuk menggerakkan kaum perempuan agar makin melek politik terus dikeluarkan. “Harap dipahami juga, bahwa perempuan terjun ke politik ini bukan tentang mencari pekerjaan atau jabatan tapi tentang manfaat ketika kita bisa terjun seperti di legislatif kita bisa memperjuangkan hak-hak masyarakat khususnya kaum perempuan dengan lebih efektif, “ pesan Hj. Sumaryatin.

Secara umum, ia mencontohkan, partainya PKS, selama ini sudah menjadi wadah yang sangat memberi ruang gerak yang setara bagi kalangan perempuan yang ingin berkiprah dalam politik. Namun memang masih belum banyak perempuan yang memanfaatkan ruang itu.

“Masih butuh terus didorong, agar kaum perempuan mau terjun di dalam politik itu,” kata dia.

Salah satu yang diperjuangkan Hj. Sumaryatin salah satunya adalah pendampingan pada kalangan perempuan dan warga umumnya yang bergerak di sektor UMKM.

“Kami soal UMKM tidak ingin mengukur dari sisi suara tapi bagaimana kami PKS turut memberikan kontribusi bagi kebangkitan UMKM di masa pandemi ini,” ujarnya.

Secara angka ia mendorong pemerintah daerah baik kab/kota maupun propinsi melakukan recovery UMKM dengan basis satu data UMKM, data yang on going alias data yang hidup dan bukan data mati.

“Kami akan memastikam program bagi UMKM berjalan dengan baik dan progresif massif,” katanya. (Deva) 

Advertisement banner

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.