Polda DIY - RSUP Sardjito Bahu Membahu Gencarkan Sosialisasi Donor Plasma Konvalesen
Polda DIY - RSUP Sardjito Bahu Membahu Gencarkan Sosialisasi Donor Plasma Konvalesen

Polda DIY - RSUP Sardjito Bahu Membahu Gencarkan Sosialisasi Donor Plasma Konvalesen



JOGJAGRID.COM: Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda DIY bekerjasama dengan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Sardjito menggelar sosialisasi donor plasma konvalesen dan pengambilan sampel darah kepada para penyintas Covid 19 personel Polri dan PNS Satker Mapolda DIY, jumat (29/1/2021). 

Sosialisasi yang digelar di gedung Anton Soedjarwo Mapolda DIY tersebut dihadiri Wakapolda DIY Brigjen Pol. R. Slamet Santoso, S.H., S.I.K., Irwasda Kombes Pol. Agus Rohmat, S.I.K., S.H., M.Hum., dan menghadirkan narasumber Kepala Departemen Patologi Klinik dan Kedokteran Laboratorium FK KMK UGM/ RSUP Dr. Sardjito Dr. dr. Teguh Triyono Sp.PK(K)., M.Kes., dan beberapa Pejabat Utama Mapolda DIY. 

Kapolda DIY Irjen Pol. Drs. Asep Suhendar, M.Si., dalam sambutannya yang dibacakan Wakapolda DIY mengatakan dalam kondisi penuh keprihatinan karena pandemi covid 19, Polri dituntut menjadi salah satu garda terdepan guna memastikan terselenggaranya program pemerintah dalam percepatan penanganan virus Corona. 

"Dimana Polri berkewajiban melaksanakan upaya upaya persuasif dalam bentuk memberikan edukasi himbauan kepada seluruh lapisan masyarakat," jelasnya. 

Menurutnya, Penyebaran covid 19 di Daerah Istimewa Yogyakarta terus mengalami peningkatan jumlah kasus positif yang signifikan dengan penderita tanpa gejala hingga status berat. 

"Oleh karena itu sangat diperlukan kepedulian dan kerjasama kita semua dalam upaya mencegah serta memutus rantai penyebaran covid-19," imbuh Wakapolda. 

Salah satu upaya dalam mempercepat upaya penyembuhan Pasien covid-19 menurut Kapolda adalah dengan menggunakan metode terapi donor plasma Konvalesen. Plasma Konvalesen bertujuan untuk menurunkan angka kematian akibat covid 19 dan meningkatkan angka kesembuhan bagi penderita covid 19. 

"Diharapkan dengan pemberian donor plasma konvalesen kepada pasien covid-19 (dapat) memberikan perbaikan efek klinis maupun laboratoris pada pasien dengan kondisi yang berat. Darah plasma konvalesen dari penyintas covid-19 sangat berguna (bagi) pasien lain yang terinfeksi virus Corona atau dalam proses penyembuhan," harap Kapolda dalam sambutannya yang dibacakan Wakapolda DIY. 

Sementara itu, Kepala Departemen Patologi Klinik dan Kedokteran Laboratorium FK KMK UGM/ RSUP Dr. Sardjito Dr. dr. Teguh Triyono Sp.PK(K)., M.Kes., kepada para pewarta seusai kegiatan sosialisasi mengatakan Covid-19 ini adalah penyakit baru sehingga sampai dengan sekarang tidak atau belum ada terapi standar penyembuhan. Sehingga kemudian dicari beberapa Alternatif-alternatif sebagai Terapi tambahan. 

"Salah satunya adalah Pemberian plasma konvalesen. Harapannya, dengan pemberian plasma konvalesen kepada pasien covid-19  adalah untuk meningkatkan tingkat kesembuhan pasien Covid 19," ujarnya. (Ver)


Advertisement banner

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.