-->
Pejabat Kota Yogya Disuntik Lagi Vaksin Covid-19 Dosis Kedua
Pejabat Kota Yogya Disuntik Lagi Vaksin Covid-19 Dosis Kedua

Pejabat Kota Yogya Disuntik Lagi Vaksin Covid-19 Dosis Kedua



JOGJAGRID.COM: Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kota Yogyakarta menerima suntikan dosis kedua vaksin Covid-19 pada Jumat (29/1/2021) di Rumah Sakit Pratama. Penyuntikan tersebut adalah program vaksinasi nasional untuk membentuk kekebalan kelompok terhadap Covid-19.

Pejabat Forkompimda dan tokoh yang mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 dosis kedua di antaranya Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi, Kapolresta Yogyakarta Kombes Pol Purwadi, Kepala Pengadilan Negeri Yogyakarta Frida Ariyani, Wakil Ketua II DPRD Kota Yogyakarta Dhian Novitasari, Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Emma Rahmi Aryani, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Yogyakarta Nur Abadi, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Yogyakarta dan beberapa tokoh perwakilan agama di Kota Yogyakarta.

Selain itu ada pejabat Forkompimda dan tokoh organisasi profesi yang mendapat suntikan vaksin Covid-19 dosis pertama yaitu Danlanal Yogyakarta Kolonel Marinir Harry Indarto, Dandim 0734/Yogyakarta Kolonel Arm Tejo Widhuro, Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Edi Sumbodo dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Ummatul Baroroh.

“Yang kedua ini tidak beda saat penyuntikan pertama, melalui proses pemeriksaan kesehatan seperti tensi. Pada vaksinasi pertama saya tidak merasakan sesuatu, yang kedua ini merasakan agak pegal. Mudah-mudahan ini reaksi vaksinasi sehingga penyuntikan kedua ini membentuk antibodi,” kata Heroe Poerwadi usai mendapat suntikan kedua vaksin Covid-19 di Rumah Sakit Pratama, Jumat (29/1/2021).

Dia menyampaikan vaksinasi Covid-19 tahap pertama di Kota Yogyakarta untuk penyuntikan dosis pertama dan kedua sudah berjalan bersamaan. Dari hasil perhitungan, diperkirakan seluruh tenaga kesehatan di Kota Yogyakarta yang memenuhi syarat di Kota Yogyakarta selesai divaksin Covid-19 ,pada akhir Februari atau pertengahan Maret 2021.

“Yang penting vaksin tersedia, kami juga bisa jalan. Karena di hari-hari ini kami diminta untuk meningkatkan jumlah yang divaksin Covid-19 agar semakin banyak,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Emma Rahmi Aryani menyebut sampai Jumat (29/1/2021) vaksinasi untuk tenaga kesehatan di Kota Yogyakarta mencapai 67,28 persen dari sekitar 8.680 sasaran tenaga kesehatan di fasilitas layanan kesehatan di Kota Yogyakarta. Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta sudah menerima vaksin Covid-19 termin kedua sebanyak 9.800 dosis untuk penyuntikan dosis kedua dan pertama bagi yang belum

“Vaksinasi bagian dari pencegahan dan pengendalian Covid-19. Tujuan vaksinasi membentuk kekebalan kelompok. Idealnya seluruh penduduk divaksinasi. Jika tidak tercapai 100 persen, paling tidak menurut epidemiologi angka minimum yang diperlukan adalah 70 persen dari jumlah penduduk,” terang Emma.

Pihaknya berharap dengan penyuntikan vaksinasi Covid-19 dosis kedua kepada Forkompimda dan para tokoh bisa menjadi contoh bagi masyarakat. Sudah ada panutan para tokoh yang sudah disuntik vaksin Covid-19 kondisinya aman, sehingga masyarakat tidak takut apabila pada saatnya melaksanakan vaksin Covid-19.(Tri)

Advertisement

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.