-->
 Puncak Pembentukan Partai Ummat Deklarasi Nasional Awal 2021
 Puncak Pembentukan Partai Ummat Deklarasi Nasional Awal 2021

Puncak Pembentukan Partai Ummat Deklarasi Nasional Awal 2021

 


JOGJAGRID.COM : Setelah mantan Ketua MPR, Amien Rais merilis logo, mars, mukadimah, asas, hingga bendera Partai Ummat pada November lalu kini Partai Ummat DIY resmi memperkenalkan kantor baru di Jalan Ngeksigondo no 5 Kotagede, Selasa (15/12/2020).

Kantor Partai Ummat tersebut sebelumnya merupakan kantor Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN DIY.

Ketua Panitia Pembentukan Partai Ummat DIY, Nazaruddin mengatakan kantor tersebut langsung dijadikan sekretariat persiapan untuk seluruh kegiatan Partai Ummat DIY. Pergantian kantor menurut Nazar terjadi sejak beberapa bulan silam, tepat saat Nazar tak lagi didapuk sebagai Ketua DPW PAN DIY.

“Ya, sejak saya tidak jadi pengurus partai lama (PAN), ya kami ganti kantor ini sebagai sekretariat Partai Ummat. Tempat ini kebetulan adalah aset Pak Amien Rais, jadi tidak masalah. Itu di belakang yang dulu kantor PAN Kota Yogyakarta juga nanti jadi kantor Partai Ummat Kota Yogyakarta. Kalau di mana kantor PAN sekarang, saya sudah tidak tahu,” ungkap Nazar (15/12/2020) siang.

Partai baru bentukan politisi senior Amien Rais, Partai Ummat, rencananya akan mendeklarasikan kelahiran partai tersebut pada Januari 2021 secara virtual.

Deklarasi awal tahun itu sebagai puncak setelah mantan Ketua MPR dan pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut sejak November 2020 sudah berturut mengenalkan kepada publik asas, tagline, mukadimah, logo, dan mars partai itu.

“Puncaknya dari tahapan pembentukan partai itu dengan deklarasi nasional Partai Ummat secara virtual pada Januari 2021,” ujar Ketua Panitia Pembentukan Partai Ummat DIY, Nazaruddin di Yogyakarta Selasa 15 Desember 2020.

Nazaruddin menambahkan, dalam mekanisme pembentukan Partai Ummat di tiap provinsi, Amien Rais juga telah menunjuk person in charge atau pihak yang akan bertanggungjawab mengurusnya hingga tuntas.

“Kalau untuk di DIY, sudah terbentuk tim pembentukan di tingkat provinsi hingga kabupaten/kota,” ujarnya.

Partai Ummat kini sudah menyiapkan segala kebutuhan pembentukan partai itu sesuai perundang-undangan yang berlaku. Di antaranyanya menyiapkan kepengurusan sampai tingkat kecamatan.



“Jadi nanti seluruh aspek formalitas kepengurusan ini dilakukan setelah deklarasi nasional dan juga setelah legalitas dewan pimpinan pusat selesai,” ujar Nazaruddin yang juga mantan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN DI Yogyakarta itu.

Nazaruddin menuturkan selain sumber daya manusia Partai Ummat yang sudah siap, juga diisi orang-orang yang kompeten. Khususnya dari bekas kader PAN.

Tidak hanya kantor saja, Nazarrudin mengatakan lebih dari 60 persen konstituen PAN DIY sudah menyatakan bergabung dengan Partai Ummat. Jumlah tersebut termasuk kepengurusan PAN lama di DIY dan kabupaten/kota yang memutuskan bargabung dengan partai yang didirikan Amien Rais ini.

“Kalau 60 persen saja ada yang sudah gabung ke Partai Ummat, ini dari konstituen partai lama saja lho. Yang belum tinggal anggota dewan (PAN) saja, mungkin mereka punya pertimbangan tersendiri ya. Boleh dikatakan kami bedol desa, bedol rumah lah ini ke Partai Ummat,” sambung Nazaruddin. (Dwita)

Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.