-->
Jenazah Ki Seno Dimakamkan Satu Liang Lahat dengan Ayahnya di Semaki Gede
Jenazah Ki Seno Dimakamkan Satu Liang Lahat dengan Ayahnya di Semaki Gede

Jenazah Ki Seno Dimakamkan Satu Liang Lahat dengan Ayahnya di Semaki Gede






JOGJAGRID.COM : Jenazah dalang Ki Seno dimakamkan satu liang lahat dengan almarhum ayahnya Ki Suparman Cermo Wiyoto di pemakaman Semaki Gede, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

Dua wayang Bagong dan Bima milik almarhum ikut dimakamkan.
Beberapa anggota keluarga berdiri di pinggir pusara tempat peristirahatan terakhir sang dalang fenomenal itu.

Kerabat Ki Seno, Paulina Suratmi (86) mengatakan, Ki Seno dimakamkan satu liang dengan ayahnya, yakni Ki Suparman. Hal itu sesuai dengan keputusan keluarga.

"Dikuburkan satu liang dengan ayahnya. (Ki Seno) anak keempat dari lima bersaudara," ucapnya saat ditemui di lokasi pemakaman, Rabu (4/11/2020).

Sementara itu, adik Sri Sultan, Gusti Bendara Pangeran Harya (GBPH) Yudhaningrat, mengatakan, Ki Seno merupakan dalang dengan kecerdasan tinggi.


Sebab, menurut dia, dalang-dalang lain mudah ditebak alur ceritanya. Hal itu berbeda dari apa yang dilakukan oleh Ki Seno yang selalu memberikan warna lain saat pentas.
"Kalau ndalang gitu-gitu saja sudah bisa ketebak penonton, sehingga beliaunya juga sering ada lakon lain sesuai dengan permintaan yang nanggap," katanya.


Prosesi pemakaman dalang kondang asal Yogyakarta, Ki Seno Nugroho di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Semaki Gede, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Rabu (4/11) dipenuhi ratusan pelayat.

Ki Seno Nugroho tutup usia pada Selasa (3/11) malam di RSU PKU Muhammadiyah Gamping, kabupaten Sleman. Dan jenazah  almarhum disemayamkan dirumah duka di Gayam, Desa Argosari, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul.

Kumandang Azan dan lantunan selawat mengiringi upacara penurunan jenazah ke liang kubur, dan dua wayang kulit pun ikut dimasukkan ke dalam liang kubur Ki Seno Nugroho.

Lokasi pemakaman di TPU Semaki Gede itu ditetapkan sesuai hasil kesepakatan keluarga besar Ki Seno Nugroho.

Jenazah Ki Seno pun dikuburkan satu liang dengan ayahnya, yaitu Ki Suparman yang dulunya juga seorang dalang.

“Ki Seno dimakamkan satu liang dengan ayahnya, yakni Ki Suparman yang semasa hidupnya juga menjadi seorang dalang,” ujar salah seorang kerabat Ki Seno, Paulina Suratmi (86) di area pemakaman.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.