Wow! Petani Gunungkidul Belajar Mengolah Pupuk di GL Zoo
Wow! Petani Gunungkidul Belajar Mengolah Pupuk di GL Zoo

Wow! Petani Gunungkidul Belajar Mengolah Pupuk di GL Zoo

JOGJAGRID.COM : Belasan petani  binaan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta mengikuti pelatihan pengolahan pupuk di Gembira Loka Zoo (GL Zoo) Yogyakarta, Senin (25/11). Para petani  dari Kelompok Tani  Hutan (KTH) Sodong Makmur,  Paliyan, Gunungkidul ini mengikuti pelatihan singkat,  dipandu oleh Kabag Edukasi GL Zoo,  Muh Fazir Safrudrudin.

Pelatihan dibuka oleh Kepala Balai KSDA Yogyakarta  Muh Wahyudi SP, MSc, dihadiri Dirut GL Zoo KMT A. Tirtodiprojo,  Manajer Administrasi Suharyadi dan  Manajer Pemasaran Yosi Hermawan, serta Ka Resort BKSDA Yogyakarta Purwanto.

Kepala Balai KSDA Muh Wahyudi menjelaskan, pelatihan pembuatan pupuk organik dimaksudkan untuk memberdayakan masyarakat Desa Karangasem A, yang tinggal di kawasan Suaka Margasatwa Paiyan. Kelompok tani ini disebutnya sedang bersemangat budidaya tanaman hortikultura, seperti  cabai, sawi terong dan lainnya. Untuk budidaya hortikultura tersebut mereka mengaku kekurangan pupuk dan terkendala ketersediaan air untuk pengembangan hortikultura.

Balai KSDA  sepakat membantu pembuatan pupuk kerjasama dengan Gembira Loka, termasuk memenuhi kebutuhan  para petani untuk  membangun sumur bor,  demi peningkatan pertanian dan kesejahteraan mereka. “Masyarakat berjanji akan turut menjaga kawasan suaka margasatwa, dengan tidak menebangi pohon di kawasan tersebut. Mari kita jaga hutan, tidak lagi ada penebangan tanaman hutan,” ajak Wahyudi penuh harap.


Dirut GL Zoo KMT A.Tirtodiprojo mengakui  semula kotoran gajah dari delapan gajah koleksinya hanya dibuang. Namun belakangan berhasil diolah menjadi pupuk organik dinamai “Lethong Liman”. Dan hasilnya bermanfaan bagi tumbuh-tumbuhan. (Cak)
Advertisement banner

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.