Penumpang KRL Yogya Membludak Libur Lebaran, Sehari Bisa Capai 25 Ribu Orang
Penumpang KRL Yogya Membludak Libur Lebaran, Sehari Bisa Capai 25 Ribu Orang

Penumpang KRL Yogya Membludak Libur Lebaran, Sehari Bisa Capai 25 Ribu Orang

JOGJAGRID.COM : Jumlah pengguna kereta api (KA) lokal, yakni Commuter Line (KRL) mencapai puncak tertinggi pada akhir pekan ini. Jumlah tertinggi dalam sehari ada lebih dari 25 ribu penumpang. Jumlah itu lebih tinggi dibanding KA jarak jauh, yakni sebanyak 22.700 penumpang.

"Untuk puncak volume tertingginya kami prediksi di hari Jumat Sabtu Minggu yakni diatas 25.000 karena libur sekolah masih sampai hari Senin," ujar VP Coorporate Secretary KAI Commuter Anne Purba saat ditemui di Stasiun Tugu, Jumat (12/4/2024). 

Purba mengatakan tren kenaikan pengguna KRL sudah terjadi sejak awal libur idulfitri kendati masih di bawah 20 ribu. Menurutnya, hal itu tak lepas dari kepentingan sebagian masyarakat untuk bersilaturahmi ke saudara. Namun, kata dia, jumlah penumpang sudah hampir 15 ribu pada Kamis, 12 April 2024

Pihaknya mengatakan pada hari pertama dan kedua lebaran volume penumpang masih di bawah 20 ribu. Hal tersebut diduga karena banyak masyarakat yang masih menjalani lebaran dan bersilaturahmi. 

"Tetapi kemarin ini, (Kamis, 12 April) sudah kami layani hampir 25.000 dan  pada hari ini kami prediksikan sudah melayani sekitar 23.000 penumpang karena kita lihat dibeberapa jadwal kereta KRL yang meningkat," tuturnya. 

Membludaknya penumpang tersebut dibarengi dengan persiapan-persiapan dari pihak PT KAI. 

Selain penambahan Hall baru, pohaknya juga menambahkan toilet portable dan air minum gratis bagi penumpang. 

"Hari ini sampai jam 15.00 WIB, disini masih dibawah 10.000 tapi kami prediksi sore ini akan meningkat.
Targetnya kami bisa melayani diatas 25000 penumpang. Kalau kemarin 23000. Tapi kita prediksi hari ini sampai kinggu akan bisa mencapai target," jelasnya.

Selain itu, Anne menjelaskan bahwa Jogja akan berpotensi lebih ramai dikarenakan pelayanan menuju ke Kutoarjo. Rekor baru juga didapatkan untuk penumpang perjalanan Jogja-Kutoarjo yaitu hampir mencapai 5000 penumpang,"


"Ini pecah rekor baru, penumpang menuju Kutoarjo bisa mencapai 46000 penumpang khususnya kemarin (Kamis, 11 April)," katanya. (Shava)
Advertisement banner

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.