Ribuan Warga Saksikan Festival Bregada di Imogiri Bantul
Ribuan Warga Saksikan Festival Bregada di Imogiri Bantul

Ribuan Warga Saksikan Festival Bregada di Imogiri Bantul


JOGJAGRID.COM:  Sebanyak 28 Bregada dari berbagai kelompok seni keprajuritan se Kabupaten Bantul, Minggu ( 12/11/2023) mengikuti Festival Bregada GPC Imogiri Linuwih 2023 di Imogiri Bantul Yogyakarta. Festival bregada  memperebutkan piala dan hadiah uang tunai total 25 juta rupiah dari anggota DPR RI Gandung Pardiman dari fraksi Golkar.

Start Festival Bregada GPC Imogiri  Luniwih 2023 di Lapangan Demi Imogiri Bantul Yogyakarta dan dilepas oleh anggota DPR RI Gandung Pardiman. Dalam sambutannya Gandung Pardiman mengatakan dirinya sengaja memprakarsai digelarnya Festival Bregada di Imogiri ini karena Imogiri sebagai pusat kebudayaan di Bantul. Selain itu, dengan adanya festival bregada ini untuk melestarikan seni budaya keprajuritan yang saat ini terus berkembang di setiap wilayah di Yogyakarta. 

"Dengan festival bregada ini tentu kita berharap semakin menguatkan DIY sebagai daerah Istimewa. Selain itu dengan kegaitan ini juga bisa menumbuhkembangkan perekonomian dan menguatkan Imogiri sebagai tujuan wisata budaya," ujar Gandung Padiman.

Gandung mengatakan,  di Kapanewon Imogiri terdapat 8 kalurahan. Dari jumlah tersebut sudah ada yang masuk ketegori desa budaya dan rintisan desa budaya.  Dengan adanya program festival ini diharapkan semakin menguatkan Imogiri sebagai Gerbang Budaya di DIY.  "Dengan program ini diharapkan kedepan festival  bisa terlaksana dengan baik dan semakin bertata. Bahkan dari pemerintah Bantul akan mendorong  festival ini jadi agenda rutin," ujarnya.

Ketua Festival Bregada Gandung Padiman Center (GPC) Imogiri Linuwih 2023, Widodo  Supranoto mengatakan, peserta festival 28 bregada dari Imogiri dan sekitarnya.  Program ini sekaligus semakin menguatkan Kapanewon  Imogiri sebagai pintu gerbang budaya.  
 
" Festival bregada sangat penting dan sudah semestinya dilestarikan. Festival bregada ini sebagai salah satu komitmen Pak Gandung  menjaga eksistensi budaya adiluhung   ditengah masyarakat," ujarnya.

Seluruh peserta Festival bregada yang mengenakan berbagai macam kostum keprajuritan serta gerakan yang khas keprajuritan kraton Yogyakarta berjalan dari lapangan Demi Imogiri sampai sub terminal Imogiri. Di sepanjang jalan yang dilalui oleh peserta festival bregada, dipenuhi oleh ribuan warga masyarakat yang menyaksikan even yang akan digelar setiap tahun tersebut. 

Furqon Kadarisman ketua Yayasan GPC Bantul mengatakan selain festival bregada juga digelar pergelaran wayang kulit semalam suntuk di lapangan Kehon Agung, Minggu ( 12/11/2023) malam bersama dalang Ki Waluyo Asmoro yang menghadirkan lakon Wahyu Eka Jati dengan bintang tamu Mimin, Apri dan Sihono. Dalam dua even besar tersebut GPC menyediakan puluhan doorprize untuk pengunjung dai festval Bregada maupun pergelaran Wayang Kulit.

" Seperti biasa Bapak Gandung Pardiman menyediakan puluhan doorprize, diantara dua buah sepeda motor, kulkas, mesin cuci, sepeda gunung dan semua gratis. Semua kegiatan ini diback up oleh Pak Gandung yang sangat peduli terhadap seni budaya," pungkas Furqon. (Dho)
Advertisement banner

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.