Pengamanan Yogya Untuk Libur Lebaran Diperketat Lebih Awal
Pengamanan Yogya Untuk Libur Lebaran Diperketat Lebih Awal

Pengamanan Yogya Untuk Libur Lebaran Diperketat Lebih Awal



JOGJAGRID.COM : Kepolisian Resort Kota (Polresta) Yogyakarta melancarkan sejumlah operasi rintisan untuk memperketat pengamanan jelang libur lebaran tahun ini lebih awal.

Sebelum operasi pengamanan resmi lebaran atau yang dikenal Ketupat Progo digelar dua pekan pada 18 April hingga 1 Mei 2023 mendatang, Polresta Yogyakarta lebih dulu menggelar berbagai operasi yang melibatkan 300 dari 1.500 personil.

"Operasi yang kami lakukan sejak jauh hari ini untuk menguatkan operasi Ketupat Progo lebaran yang baru mulai digelar 18 April sampai 1 Mei nanti," kata Kepala Polresta Kota Yogyakarta Komisaris Besar Polisi Saiful Anwar Rabu 12 April 2023.

Operasi rintisan yang digelar Polresta Yogyakarta itu antara lain
Operasi Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran Lalu Lintas atau Kamseltibcarlantas terkait pengamanan lalu lintas.

Selain itu, sejak awal ramadan, juga dilakukan operasi pekat (penyakit masyarakat), juga kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) berupa strong point.

"Dalam operasi strong point ini kami sudah menempatkan personel di titik-titik rawan kejahatan jalanan, berdasarkan waktu dan lokasi terjadinya kejahatan jalanan," ujar Saiful.

Operasi strong point ini sebagai salah satu upaya pencegahan terjadinya tindak kriminal. Terutama satunya kejahatan dan kekerasan jalanan yang masih sempat terjadi di Kota Yogyakarta bulan ramadan ini.

Operasi strong poin itu dilaksanakan dini hari antara pukul 02.00 atau 03.00 WIB. Dengan sasaran tertentu di jalan.

"Tidak semua kendaraan akan kami periksa, tetap ada skala prioritas untuk antisipasi kejahatan jalanan dan kejahatan lain seperti pencurian dengan pemberatan, pencurian dengan kekerasan maupun pencurian kendaraan bermotor," kata Saiful.

Saiful mengatakan, mendekati libur lebaran ini operasi Blue Light Patrol atau beroperasi dengan mobil patroli yang menyala rotatornya juga digencarkan. Setelah operasi Blue Light Patrol ini, mendekati tengah malam hingga dini hari akan dilakukan razia acak.

"Di pusat pusat keramaian yang banyak wisatawan seperti Malioboro, kami terjunkan petugas dalam operasi penerangan lingkungan, untuk mengedukasi tentang keamanan bagi wisatawan," kata dia.

Polresta Yogyakarta sendiri akan mendirikan lima titik pos pengamanan pada masa operasi Ketupat Progo 2023 ini. Yakni di kawasan Tugu Yogyakarta, Teteg Malioboro, Titik Nol Kilometer Yogyakarta, kawasan Gembira Loka Yogyakarta, dan kawasan simpang Gejayan. (Ardian)
Advertisement banner

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.