ABC Hadirkan Gerakan #ABCDapurBersamaIbu Di Yogya, Bagikan 14.000 Paket Makanan Buka Puasa Dan Sahur
ABC Hadirkan Gerakan #ABCDapurBersamaIbu Di Yogya, Bagikan 14.000 Paket Makanan Buka Puasa Dan Sahur

ABC Hadirkan Gerakan #ABCDapurBersamaIbu Di Yogya, Bagikan 14.000 Paket Makanan Buka Puasa Dan Sahur


JOGJAGRID.COM: Melanjutkan sejarah panjangnya merayakan Bulan Suci Ramadan bersama masyarakat Indonesia, PT Heinz ABC Indonesia (“ABC”) kembali menghadirkan program kemanusiaan Ramadan-nya yang ikonik. Pada tahun ini, ABC berkolaborasi dengan Foodbank of Indonesia (FOI) meluncurkan sebuah gerakan kemanusiaan berbasis komunitas yang dinamakan #ABCDapurBersamaIbu. Setelah peluncurannya di Jakarta pada pertengahan Maret 2023 lalu, kini Gerakan #ABCDapurBersamaIbu hadir di Yogyakarta dan sekitarnya, dengan membawa misi yang sama, yakni untuk merayakan serta memperluas kehangatan cinta ibu bagi sesama, terutama cinta yang ditunjukkan melalui masakan spesial dari ibu, yang khusus disiapkan untuk menjangkau berbagai kelompok masyarakat rentan di sekitar kita.
Dalam implementasinya di Yogyakarta dan sekitarnya, Gerakan #ABCDapurBersamaIbu melibatkan lebih dari 84 anggota komunitas ibu dan relawan pendukung, yang akan berkolaborasi dengan 7 dapur komunitas ibu (mom’ community kitchen), untuk membantu memasak dan membagikan 14.000 paket makanan Sahur dan buka puasa melalui 21 titik pendistribusian, mencakup wilayah Yogyakarta, Bantul, dan Sleman.
Niken Sekarmelati, Brand Manager Beverage Kraft Heinz Indonesia, menjelaskan: “Gerakan #ABCDapurBersamaIbu terinspirasi dari nilai kehangatan cinta ibu. Di momen Ramadan, peran ibu dalam menyiapkan berbagai hidangan terbaik, dari mulai makan Sahur hingga berbuka puasa bagi keluarga merupakan sebuah bentuk cinta yang nyata. Bahkan, kebesaran cinta ibu ini juga tergambar nyata lewat hadirnya berbagai dapur komunitas relawan ibu di sekitar kita, dimana mereka tidak pernah lelah untuk memberikan waktu dan tenaganya bagi sesama. Melalui Gerakan #ABCDapurBersamaIbu, kami ingin meneruskan inspirasi nilai cinta yang sama menjadi sebuah gerakan kemanusiaan yang lebih luas.”
Secara total nasional, Gerakan #ABCDapurBersamaIbu akan berlangsung selama periode 23 Maret hingga 19 April 2023, mendistribusikan 125.000 paket makanan dengan melibatkan lebih dari 800 relawan ibu dan lainnya melalui 133 dapur komunitas, termasuk di dalamnya 35 warteg, dimana setiap harinya mereka akan menyiapkan masakan Sahur dan buka puasa untuk dibagikan kepada kelompok masyarakat rentan, diantaranya: kaum papa, lansia, hingga keluarga pemulung di lebih dari 125 titik distribusi di 27 kota yang tersebar di 12 provinsi di Pulau Jawa, Sumatera, Bali, Kalimantan hingga Sulawesi. Pendistribusian makanan akan dilakukan secara terjadwal menggunakan 6 unit mobil pangan (food-van) yang akan beroperasi setiap harinya.
Gerakan #ABCDapurBersamaIbu hadir sebagai sebuah kolaborasi antara ABC, Food Bank of Indonesia (FOI), bersama dengan Alfamart sebagai mitra strategis yang akan membantu mengkoordinir pelaksanaannya, mulai dari pemilihan mitra dapur komunitas ibu, menggerakan para relawan, pengaturan proses penyiapan serta distribusi makanan, hingga proses monitoring dan evaluasi.
M. Hendro Utomo, Founder Foodbank of Indonesia (FOI), menjelaskan: “Sebagai jaringan bank pangan di Indonesia, kami hadir untuk memerangi kelaparan. #ABCDapurBersamaIbu ini menggerakan sekitar 2000 ibu relawan dengan 98 dapur di 27 Kota/Kabupaten di seluruh Indonesia. Peran ibu dalam hal pangan sangat penting, mulai dari menentukan jenis makanan yang dikonsumsi hingga mengajarkan nilai-nilai positif kepada anggota keluarga. Semoga program pembagian 125.000 paket makanan berbuka dan sahur ini bisa membantu para pekerja informal, fakir dan miskin untuk melaksanakan ibadah puasa serta mempunyai daya ungkit ekonomi. Memastikan semua orang memiliki makanan hukumnya wajib. Pergerakan ibu yang lebih luas bisa membangkitkan pangan dan ekonomi Indonesia.”
Mewaliki relawan ibu, Susi menambahkan: “Rasanya sangat senang dapat berpartisipasi dalam gerakan #ABCDapurBersamaIbu dengan menggerakan relawan di 7 dapur pangan wilayah Yogyakarta untuk mendistribusikan 14.000 paket makanan sahur dan buka puasa kepada masyarakat yang membutuhkan. Saya berharap gerakan ini dapat mendorong para Ibu di Yogyakarta untuk terus memasak untuk keluarga dan masyarakat sekitar kita.”
Gerakan #ABCDapurBersamaIbu juga didukung oleh beberapa mitra ABC lainnya, diantaranya
Alfamart, Alfagift, Tokopedia, dan Grab, dimana setiap pembelian produk ABC di Alfamart, Alfagift, Tokopedia dan GrabMart selama periode program akan dikonversikan sebesar Rp 1.000* sebagai bentuk dukungan terhadap gerakan ini. Selain itu, Aqua juga memberikan dukungan-nya melalui penyediaan donasi air mineral dalam kemasan yang akan disertakan di dalam paket donasi makanan dan Aladin memberikan dukungan finansial. Gerakan ini akan dikomunikasikan melalui berbagai platform media, termasuk website, media sosial, komunikasi di dalam toko-toko Alfamart dan aplikasi Tokopedia serta Grab. Masyarakat dapat ikut mendukung gerakan ini melalui beberapa cara; 1) Membeli produk ABC yang dijual di toko-toko mitra gerakan #ABCDapurBersamaIbu; 2) Mengunggah foto yang menginspirasikan nilai kebaikan Ramadan dengan menggunakan filter khusus ABC Dapur Bersama Ibu ke Instagram Feed & Story, dengan menyertakan @segarnyasirupabc & @sardenabc; 3) Terlibat langsung bersama relawan FOI dalam proses pendistribusian di lapangan dengan mendaftarkan diri melalui website yang telah disiapkan.
“Sebagai bagian dari tujuan global perusahaan “Let’s Make Life Delicious”, kami berkomitmen untuk menghadirkan kelezatan masakan melalui produk-produk terbaik sekaligus senantiasa menginspirasikan nilai kebaikan untuk kehidupan sehari-hari. ABC telah hadir selama lebih dari 47 tahun menemani keluarga Indonesia dan di setiap hangatnya momen Ramadan, kami selalu menghadirkan berbagai program yang mengusung nilai kebaikan dan kebersamaan. Kami berharap Gerakan #ABCDapurBersamaIbu tahun ini dapat semakin mengingatkan kita akan kekuatan nilai kebaikan seorang ibu dan bersama-sama meneruskan kebaikan yang sama untuk dampak yang lebih besar”, jelas Mira Buanawati, General Counsel, Head of Corporate & Regulatory Affairs Kraft Heinz Indonesia & Papua New Guinea di sela-sela acara peluncuran di Jakarta beberapa waktu lalu. (Rio/Ian)
Advertisement banner

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.