Poltekesyo Gelar Forum The 9th International Conference on Health
Poltekesyo Gelar Forum The 9th International Conference on Health

Poltekesyo Gelar Forum The 9th International Conference on Health




JOGJAGRID.COM : Sebanyak 800-an peserta dari dalam dan luar negeri mengikuti forum konferensi The 9th International Conference on Health yang digelar Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Yogyakarta (Poltekesyo) pada Selasa-Rabu, 25-26 Oktober 2022.

Forum yang mengusung tema  “Innovation and Applied Technology for Acceleration of Health Transformation” yang dipusatkan di
Hotel Grand Cokro Yogyakarta itu menghadirkan sejumlah narasumber kesehatan terkemuka mancanegara. Mulai dari Malaysia, Filipina, Italia, United Kingdom, Thailand, Jepang hingga Amerika. 

"Hari ini Poltekesyo menyelenggarakan International Conference of Health Science yang ke-9 yang merupakan event tahunan unggulan yang bertujuan untuk mendukung pengembangan Tri Dharma perguruan tinggi," kata Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Joko Susilo SKM MKes dalam sambutannya.

Joko mengungkapkan dari gelaran itu, Poltekes Kemenkes Yogyakarta mewujudkan pengaplikasian kegiatan penelitian, academik excellent dan juga mendukung untuk publikasi ilmiah dan hilirisasi riset.

"Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengembangkan kerjasama dengan institusi Poltekes Kemenkes Yogyakarta baik dalam negeri maupun luar negeri," kata Joko.

Adapun Wakil Direktur Poltekesyo  
Heni Puji Wahyuningsih,S.SiT,M.Keb  mengatakan kemanfaatan dari kegiatan ini untuk institusi tentu menjadi bagian dari kegiatan unggulan dalam ranah akademik.

"Kegiatan ini sebagai wahana pengembangan untuk mendukung publikasi ilmiah, wahana untuk mendukung kapasitas dosen dalam pengembangan academik excellent," kata dia.

Secara eksternal, kegiatan ini juga menjadi wadah bagi pihak Poltekesyo untuk bekerjasama berbagai institusi dalam dan luar negeri.

"Melalui tema yang diangkat, kami berupaya bagaimana Poltekkes Kemenkes Yogyakarta melalui international conference ini mendukung Kementerian Kesehatan dalam transformasi kesehatan," kata Wahyuningsih.

Transformasi kesehatan yang didukung tentu melalui peran utama Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yaitu penyelenggaraan Tri Dharma perguruan tinggi untuk mendukung transformasi kesehatan. 

Adapun narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan ini selain Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin juga narasumber  dalam negeri dan luar negeri.

Pada hari pertama, Selasa (25/10) narasumber manca negara yang berbicara antara lain Dr. Barakatun Nisak Mohd Yusof dari Universiti Putra Malaysia, Prof. Maria Issabelita Capistrano Rogado dari Arelano University Philipina, Dr. Christian Ebere Enyoh dari Saitama University Japan, dan Dr. Mohd Ihsanudin Abas dari Universiti Zainal Abidin Malaysia.

Selain itu ada pula Dr. Hebzeibah
dari Anglia Ruskin University juga Dr. Maura Paola Maurelli dari 
Department of Veterinary Medicine and Animal Production-University of Naples Federico II – Italy.

Adapun narasumber dalam negeri ada Dra. Hj. Oos Fatimah Rosyati, M.Kes selaku Director of Health Personnel Provision, Director General of Health Workers MoH Republic of Indonesia dan Dr. Dra. Lucia Rizka Andalusia selaku Director General of Pharmaceuticals and Health Devices MoH Republic of Indonesia.

Adapun pada hari kedua Rabu 26 Oktober 2022 narasumber yang dihadirkan seperti Nanik Setyawati, M.Kes dari Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Dr. Cynthia Wu dari
The Hongkong Polytechnic University, 
Lisa Bardill Moscaritolo, Ph.D dari
American University of Sharjah, United Arab Emirates (IASAS Regional for Asia), Dr. Shefaly Shorey
dari Associate Professor of National University of Singapore.

Advertisement banner

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.