Pekan Depan, Candi Borobudur Jadi Pusat Atraksi 900 Pelaku Budaya Lewat Indonesia Bertutur
Pekan Depan, Candi Borobudur Jadi Pusat Atraksi 900 Pelaku Budaya Lewat Indonesia Bertutur

Pekan Depan, Candi Borobudur Jadi Pusat Atraksi 900 Pelaku Budaya Lewat Indonesia Bertutur



JOGJAGRID.COM : Taman Wisata Candi Borobudur di Magelang Jawa Tengah terpilih menjadi pusat perhelatan akbar festival kesenian bertajuk Indonesia Bertutur 2022 pada 7 – 11 September 2022 mendatang.

Ajang yang digelar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) itu
sebagai wadah mengajak generasi menjaga cagar budaya yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia.

Dalam festival ini, sebanyak 900 seniman dan pegiat budaya akan  menampilkan lebih dari 100 karya dalam perhelatan akbar ini.

"Para pelaku seni-budaya ini akan  menampilkan 20 cagar budaya sebagai materi utama karya yang mereka tampilkan kepada publik di Candi Borobudur," kata Direktur Artistik Indonesia Bertutur 2022, Melati Suryo Dharmo di Yogyakarta Jumat petang 2 September 2022.

Melati menjelaskan, Indonesia Bertutur menjadi media event terbesar karena ada beberapa program besar yang dihelat selama lima hari melibatkan ratusan pelaku seni budaya berbagai daerah di destinasi prioritas itu.

Mulai dari aksi Selamatan Lima Gunung dengan 300 penari topeng. Adapula Festival Cahaya atau video maping yang diproyeksikan ke Candi Borobudur hingga festival tari.

Sejumlah balai pelestarian cagar budaya (BPCB) terlibat di dalam event ini untuk mengenalkan, mempromosikan, dan menberi edukasi langsung kepada publik dan wisatawan. 

Seperti BPCB Sangiran (Jawa Tengah), Liang Bua (Nusa Tenggara Timur), Leang-Leang (Sulawesi Selatan), Gugus Misool (Papua Barat), Sangkulirang (Kalimantan Timur), Lore Lindu (Sulawesi Tengah), Kutai Kartanegara (Kalimantan Timur), Tarumanegara (Jawa Barat), Kompleks Candi Dieng, Candi Borobudur, Candi Mendut, Candi Pawon, Candi Prambanan (Jawa Tengah), Candi Gunung Kawi (Bali), Muara Takus (Riau), Muaro Jambi (Jambi), Candi Jago, Candi Singosari, Trowulan (Jawa Timur), dan Candi Bahal (Sumatera).

"Target event ini terutama anak-anak muda, memancing ketertarikan mereka pada isu cagar budaya, menanamkan mindset soal cagar budaya yang selama ini hanya dianggap bagian wisata ternyata punya sisi menarik lain untuk dipelajari," kata Melati.

Indonesia Bertutur sendiri bakal diramaikan dengan penampilan sederet artis milenial diantaranya, Tulus, Letto, The Fox, Ardhito Pramono, The Finest Tree, OM Wawes, Paksi Band, Teater Garasi, dan masih banyak lagi.

Selama perhelatan ini, pengunjung tak dipungut biaya alias gratis. (Dho/Ian)

Advertisement banner

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.