-->
Golkar DIY Gencarkan Bedah Rumah Demi Bantu Masyarakat Terdampak Bencana
Golkar DIY Gencarkan Bedah Rumah Demi Bantu Masyarakat Terdampak Bencana

Golkar DIY Gencarkan Bedah Rumah Demi Bantu Masyarakat Terdampak Bencana


JOGJAGRID.COM :  DPD Partai Golkar DIY langsung turun ke lapangan mengunjungi warga Kota Yogyakarta yang terdampak bencana angin kencang (puting beliung) beberapa waktu lalu. 

Saat kunjungan tersebut, Ketua DPD Partai Golkar DIY Drs HM Gandung Pardiman MM langsung menerjunkan Tim Golkar Tanggap Bencana untuk memperbaiki rumah warga yang rusak parah melalui program 'Bedah Rumah'. 

Salah satu rumah yang dibedah adalah milik Mulyati (63), warga Sanggrahan UH I/559, RT 04/RW 02 Kelurahan Semaki Umbulharjo.

Saat terkena angin kencang, kondisi rumah milik Mulyati rusak parah di bagian atap, sehingga harus direnovasi total. Melalui program 'Bedah Rumah Partai Golkar DIY', kini rumah Mulyati menjadi lebih lebih kokoh dan bersih dengan tetap mempertahankan warung yang ada di bagian rumah untuk berjualan. Penyerahan rumah hasil program 'Bedah Rumah' diserahkan langsung oleh Gandung Pardiman diterima Mulyati, Minggu (22/5). 

Selain itu Partai Golkar DIY juga membantu sembako (beras, indomi, kopi, gula dan teh) untuk modal berjualan Mulyati.

Turut hadir dalam acara serah terima rumah, antara lain, Mantri Pamong Praja Kemantren Umbulharjo Rajwan Taufiq, Lurah Semaki Arini, Anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Kota Yogyakarta Sri Retnowati, Ketua DPD Partai Golkar Kota Yogyakarta Agus Mulyono dan tokoh masyarakat setempat.

Gandung Pardiman menuturkan, Partai Golkar memiliki Tim Tanggap Bencana yang siap membantu masyarakat ketika terjadi bencana (alam, sosial). Sebelumnya, Partai Golkar DIY memberi bantuan kepada masyarakat yang terdampak bencana di Kabupaten Bantul, Gunungkidul dan Kulonprogo. 

Menurut Gandung, program bedah rumah tersebut merupakan wujud nyata Partai Golkar DIY selalu hadir di tengah masyarakat dan membantu memberi solusi setiap permasalah yang dihadapi warga. "Bukan hanya sebatas slogan saja, Partai Golkar DIY konkrit melakukan aksi nyata membantu masyarakat," kata Anggota Komisi VII DPR RI ini.

Lebih lanjut dijelaskan Gandung, Tim Golkar Tanggap Bencana mengubah warung milik Mulyati menjadi lebih besar dan bersih, agar usaha Mulyati lebih berkembang. 

"Awalnya warungnya kurang higienis, padahal kunci usaha warung makan harus higienis dan cepat pelayanannya. Semoga setelah ini warungya jadi laris manis," kata Politisi Senior Golkar yang terkenal dengan slogannya 'Ikhlas Berjuang, Ikhlas Beramal, Peduli Semua'.

Tak hanya memperbaiki rumah saja, Tim Golkar Tanggap Bencana juga memberikan pendampingan/pantauan untuk melengkapi sekiranya masih ada kekurangan yang dialami Mulyati. 

Gandung Pardiman berharap program bedah rumah ini menjadi percontohan yang bisa diterapkan di wilayah lain. Selain program bedah rumah milik Mulyati, Gandung Pardiman berkomitmen untuk membantu warga di RW 02 Sanggrahan Semaki yang rumahnya masih rusak parah, dan belum mendapatkan bantuan memadahi. 

"Partai Golkar DIY akan bantu juga warga lain hingga rumahnya berdiri," katanya.

Mulyati sangat berterima kasih kepada Partai Golkar DIY yang telah mengubah rumahnya menjadi lebih indah dan bersih. Mulyati tak kuasa menahan tangis saat menerima bantuan dari Gandung Pardiman. 

Dengan warung yang lebih besar dan bersih, ia mengaku semakin bersemangat menjalankan usahanya jualan sembako dan makanan. "Perasaan saya bahagia sekali. Nanti saya akan jualan lotek juga," ujarnya.

Mantri Pamong Praja Kemantren Umbulharjo Rajwan Taufiq mengucapkan terima kasih atas bantuan moril dan materiil yang telah diberikan Partai Golkar DIY kepada warganya di Kelurahan Semaki. Bersama warga, Tim Golkar Tanggap Bencana bergotong royong melakukan rekonstruksi rumah warga yang rusak. 

"Ini wujud aksi nyata dari Partai Golkar. Secara umum Pemerintah Kota Yogya melalui BPBD telah memberikan tindakan awal untuk membantu warga, namun belum menyelesaikan semua. Di sinilah dibutuhkan bantuan dari pihak lain seperti yang telah dilakukan oleh Bapak Gandung Pardiman," katanya.

Ketua RT 05 Sanggrahan Semaki, Dwi Yunanto menuturkan, di awal program bedah rumah, pihaknya terlebih dahulu berkoordinasi dengan Tim Golkar Tanggap Bencana untuk menentukan desain bangunan yang sesuai kebutuhan Mulyati. 

Dwi mengapresiasi komitmen Partai Golkar DIY yang juga akan membantu warga lainnya yang rumahnya masih rusak parah. "Kami sudah berkoordinasi dengan BPBD Kota Yogyakarta yang akan membantu asbes dan glugu, nanti kekurangannya akan dibantu oleh Pak Gandung Pardiman," katanya. (Dho/Ian)
Advertisement

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.