-->
Karya Spektakuler UMKM Blora Curi Perhatian Muffest 2022
Karya Spektakuler UMKM Blora Curi Perhatian Muffest 2022

Karya Spektakuler UMKM Blora Curi Perhatian Muffest 2022


JOGJAGRID.COM : Event Muslim Fashion Festival (Muffest +) 2022 di Yogyakarta, yang digelar 6 -10 April 2022, menjadi barometer di dunia fashion karena merupakan salah satu event terbesar yang merangkul para pelaku usaha rancang busana termasuk UMKM di dalamnya. 

Setidaknya, dalam ajang ini, puluhan UMKM di Yogyakarta dan sekitarnya turut menampilkan kreasi busananya. 

Salah satunya dari kreasi busana batik Dekranasda Blora berhasil tampil dalam ajang fashion show bergengsi, yakni MUFFEST “Muslim Fashion Festival” 2022 yang diselenggarakan di Atrium Hartono Mall Yogyakarta, Sabtu (9/4/2022) sore kemarin. 

Acara tersebut diselenggarakan Indonesian Fashion Chamber (IFC) Jogja bekerjasama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Blora dan juga Hanum Rahmadiyanti. 

Dalam acara ini, perajin Batik dan UKM Blora yang karyanya ditampilkan antara lain Nenni R Bayu (Hanum Rahmadiyanti), Go Ethic by Jessie Siregar, Sony by Wasono Basuki, Jannie by Ony Med Lisiana, Nusantara by Yayuk Rahayu DP, Manggar Pelangi by Vinda Hanifah, EEN Production by Batik Sekar Kedaton, Nimas Barokah by Yanik Mariana, ZALFAS by Suthree Utomo, Een Production by Een Martini, dan Snap Customwear by Christina Damayanti. 

Menurut Nenni R Bayu, karya Batik Blora memiliki kecantikan yang khas, sehingga dengan harapan millenial mau mengangkat potensi daerahnya melalui berbagai event. Tahun ini, tambah Nenni R Bayu, sangat berbeda karena kita saat ini berkolaborasi dan bersinergi antara Brand Hanum Rahmadiyanti dengan Dekranasda Blora. 

".. ya saya hanya bisa bersyukur.. UMKM Blora bisa menghebohkan dan mewarnai ajang Muffest 2022. Saya berharap ke depan akan lebih banyak lagi UMKM dan desainer muda bisa berkarya baik ke tingkat nasional maupun internasional", ungkap Nenni R Bayu


Batik Blora, saat ini memang tengah gencar untuk dikenalkan tak hanya di dalam daerah saja namun hingga daerah-daerah lainnya. Salah satunya melalui ajang MUFFEST 2022 kali ini. 

Ketua Dekranasda Jawa Tengah, H. Siti Atikoh Ganjar Pranowo saat memberikan sambutan di MUFFEST 2022 

“Saya selaku Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Tengah tentu sangat bangga dengan tampilnya dekranasda kabupaten Blora di event ini,” ucap Atikoh usai menyaksikan fashion show tersebut. 

Pihaknya menyebut, potensi kreasi batik dari Kabupaten Blora sangatlah luar biasa. Bahkan batik tersebut bisa dikreasikan dalam berbagai bentuk busana yang menarik. 

“Karena luar biasa sekali potensinya, tadi kita lihat sendiri sangat beragam baik dari busana-busana muslim yang casual, yang resmi, sampai gaun bentuk-bentuk seperti baju pesta,” jelasnya 

Ketua Dekranasda Blora Hj. Ainia Shalichah Arief Rohman bersebelahan dengan Ketua Dekranasda Jawa Tengah H. Siti Atikoh Ganjar Pranowo saat menghadiri MUFFEST 2022 di Yogyakarta 

“Ini menjadi satu langkah maju, prestasi untuk teman-teman Dekranasda sudah bisa memberikan, mempersembahkan kreasi terbaik terkini, ready to wear, pastinya sudah tidak bahan lagi yang kita upayakan, tapi bahan berikut busana yang siap pakai,” jelas Ainia. 

Tak hanya itu, dengan berbagai macam kreasi desain busana Batik tersebut, diharapkan mampu menarik berbagai kalangan masyarakat, termasuk kalangan anak muda. 

“Desain-desain baju seperti itu, saya berharap anak muda juga bisa mengenakan batik dengan enjoy dalam bentuk apapun, formal, non formal, sporty, bahkan semua bisa masuk sesuai minat,” tambahnya. 

Dirinya juga mengungkapkan bahwa Ketua Dekranasda Jawa Tengah sangat antusias dan kagum dengan hasil karya perajin dari Blora tersebut. 

“Bu Ganjar tampak kagum, di mana beliau melihat Blora daerah yang jauh tapi potensinya luar biasa”, kata wanita yang akrab disapa Bunda Ain ini. 

Bahkan, saat menyaksikan peragaan busana berlangsung Atikoh pun sering menanyakan perihal busana Batik Blora. 

“Disampaikannya, ini luar biasa, ini bagus, ini bisa naik ketingkat nasional, dan beliau luar biasa, nampak terkesima,” imbuhnya. 

Setelah penampilan di MUFFEST ini ke depannya berbagai ajang pameran baik luar daerah maupun dalam daerah akan terus digiatkan, termasuk di Kabupaten Blora. 

“Saya berharap di UMKM Bazaar teman-teman yang sudah tampil di sini akan tampil lagi, kita sampaikan kepada masyarakat di Blora sendiri bahwa ini loh yang ditampilkan di Muffest seperti ini, bentuk kemajuan dari pembatik kita UMKM Blora,” pungkasnya. (Dho/Ian)
Advertisement

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.