-->
Jaga Stabilitas Pangan, Kementan Gelar Pasar Tani Ramadan Berbagai Daerah
Jaga Stabilitas Pangan, Kementan Gelar Pasar Tani Ramadan Berbagai Daerah

Jaga Stabilitas Pangan, Kementan Gelar Pasar Tani Ramadan Berbagai Daerah



JOGJAGRID.COM : Jelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HKBN) Idul Fitri 1443 Hijriah, Kementerian Pertanian menggelar sejumlah Pasar Tani di berbagai daerah di Indonesia. Pasar tani Ramadan ini merupakan bagian dari intervensi Kementerian Pertanian untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan di pasaran.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, saat melakukan sidak di berbagai pasar tradisional beberapa waktu lalu mengatakan bahwa sesuai dengan arahan Presiden RI, 12 bahan pangan pokok strategis harus senantiasa tersedia. 

“Untuk memperkuat itu semua,  ada kerjasama antara Kementan dengan Integrator kita, importir kita, eksportir kami. Kami menggelar di 34 provinsi  Pasar Tani, agar supply dan demands agak relaks memasuki Ramadan dan Idul Fitri.”

Sementara pada kesempatan lain, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, menyampaikan bahwa seluruh jajarannya siap mendukung upaya ini.

“Kami semua sedang turun ke lapangan, mulai dari pejabat eselon I, pejabat Eselon II, hingga staf kami sebar untuk memonitoring dan menggelar pasar tai murah di sejumlah titik,” ujarnya.

Melalui kerjasama antara BPPSDMP dalam hal ini diwakili oleh Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Yogyakarta Magelang dan Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) serta Pemerintah Kota Bekasi, Kementan akan menggelar Pasar Tani Ramadan di Alun-alun Bekasi pada Rabu, 27 April 2022.

Hadir dalam rapat koordinasi yaitu perwakilan Direktur Polbangtan Yogyakarta Magelang, Kepala PPMKP, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kota Bekasi, Perwakilan Polrestabes, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan pihak terkait lainnya.

“Mewakili Bapak Direktur, kami sampaikan bahwa Polbangtan Yogyakarta Magelang berkomitmen penuh dalam menjalankan tugas monitoring dan pengawalan ketersediaan dan harga pangan pokok termasuk Gelaran Pasar Tani Ramadhan di Kota Bekasi ini. Sebelumnya kami juga telah melakukan monitoring di sejumlah pasar tradisional di Kota Banjar, Pangandaran, dan Kuningan,” terang Hermawan, yang mewakili Direktur Polbangtan Yogyakarta Magelang.

Ditambahkan oleh Kepala PPMKP, Yusral Tahir, bahwa kegiatan Pasar Tani Ramadan 1443 H di Kota Bekasi ini ditujukan untuk memperkuat akses masyarakat terhadap bahan pangan pokok yang berkualitas dengan harga terjangkau. Selain itu melalui kegiatan, kolaborasi antara Kementerian Pertanian dengan Satuan Tugas (Satgas) Pangan Provinsi Jawa Barat diharapkan akan semakin kuat.

“Beberapa komoditas pangan seperti Beras Premium, Gula Pasir, Minyak Goreng, Telur Ayam, Cabai, Bawang, daging dan lain-lain akan tersedia di Pasar Tani besok. Tentunya dengan harga yang terjangkau karena Pasar Tani ini mendekatkan produsen langsung dengan konsumen,” imbuh Yusral.

Sebagai wujud dukungan nyata, Pemerintah Kota Bekasi melalui Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan menyatakan pihaknya siap mendukung dan menyukseskan gelaran ini, “kami berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait seperti Dinas Perindutrian dan Perdagangan, Dinas Perhubungan, Polrestabes, Kodim dan Satpol PP serta jajaran Kelurahan Marga Jaya siap mengawal kegiatan ini hingga berjalan sukses", tutupnya.
Advertisement

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.