-->
DPW Patelki DIY Gelar HUT ke 36, Sekaligus Helat Puncak Pekan Teknologi Laboratorium Medik 2022
DPW Patelki DIY Gelar HUT ke 36, Sekaligus Helat Puncak Pekan Teknologi Laboratorium Medik 2022

DPW Patelki DIY Gelar HUT ke 36, Sekaligus Helat Puncak Pekan Teknologi Laboratorium Medik 2022



JOGJAGRID.COM : Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia (Patelki) DIY menggelar Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-36 Patelki pada Selasa (26/4/2022), di h-Boutique Hotel Jalan Prof Herman Yohanes 1 Terban Yogyakarta.

Perayaan HUT itu juga sekaligus menandai perhelatan Puncak Pekan Teknologi Laboratorium Medik 2022.

Turut hadir Kepala Dinas Kesehatan DIY, drg Pembayun Setyaning Astutie MKes juga Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Patelki DIY Subrata Tri Widada SKM MSc, Sekretaris Patelki DIY Siti Widiarti SST, dan para pengurus lainnya.

"Dalam Peringatan Hari Ulang Tahun ke-36 ini jadi momentun Patelki terus berbenah," kata Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Patelki DIY Subrata Tri Widada SKM MSc kepada awak media.

Sebelumnya, jajaran DPW Patelki DIY juga sudah mengadakan beragam kegiatan termasuk bakti sosial dalam rangkaian peringatan HUT ke 36 ini.

Subrata mengatakan organisasi yang didirikan pada 26 April 1986 tersebut awal sejak berdiri banyak tantangan. Lalu secara bertahap membentuk regulasi mulai 2009.

"Patelki pusat mendorong pengurus berasal dari lulusan analis, tahun 2021 dan 2022 kami dorong berkiprah ke internasional," ujar Subrata.

Patelki saat ini memiliki 60 ribu anggota yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Di Provinsi DIY sejumlah 1.500 orang. Seiring perkembangan zaman, organisasi tersebut didorong mampu berkiprah di kancah internasional " tegas Subrata.

Subrata menyampaikan pembenahan organisasi di antaranya terkait dengan sumber dasa manusia.

Ke depan, anggota Patelki yang rata-rata bekerja pada laboratorium rumah sakit (RS), Puskesmas atau klinik kesehatan didorong agar terus meningkatkan keilmuan mereka, tidak hanya lulusan D-3 atau D-4. 

Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, pihaknya meminta saran dan masukan pemerintah.

Kepala Dinas Kesehatan DIY,  drg Pembayun Setyaning Astutie MKes memberikan apresiasi sekaligus merasa bangga pada kurun waktu dua tahun belakangan ini Patelki DIY luar biasa.

Anggota Patelki yang seharusnya bekerja di laboratorium turun ke lapangan untuk membantu surveilans. “Kita beri apresiasi karena mereka punya komitmen yang kuat. Luar biasa,” kata dia.

Adapun agenda HUT ke-36 Patelki yang diselenggarakan DPW Patelki DIY diisi kegiatan antara lain Patelki Award, apresiasi kepada tenaga kesehatan (nakes) teladan 2022 terdiri dari dokter, bidan maupun perawat serta potong tumpeng. Acara diakhiri dengan buka puasa bersama. (Dho/Ian)
Advertisement

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.