Seminar Virtual FSMR ISI Yogyakarta "Kreativitas Seni Dan Media Tanpa Batas Di Tengah Pandemi Covid 19"  
Seminar Virtual FSMR ISI Yogyakarta "Kreativitas Seni Dan Media Tanpa Batas Di Tengah Pandemi Covid 19"  

Seminar Virtual FSMR ISI Yogyakarta "Kreativitas Seni Dan Media Tanpa Batas Di Tengah Pandemi Covid 19"  




JOGJAGRID.COM : Fakultas Seni Media Rekam (FSMR), Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta kembali mengadakan Seminar Virtual pada tanggal 3 dan 4 November 2021 pukul 09.00 – 15.00 WIB. 

Tahun ini seminar virtual mengusung tema “Kreativitas Seni dan Media Tanpa Batas di Tengah Pandemi Covid 19”. 

Seminar tahunan ini menghadirkan dua keynote speakers, yaitu Prof. Dr. Wening Udasmoro, S.S, M.Hum., DEA., dari Fakultas Ilmu Budaya,, Universitas Gadjah Mada yang akan mempresentasikan makalah berjudul “Menegosiasi Ruang Virtual: Kreativitas Seni di Masa Pandemi” dan Kurniawan Adi Saputro, S.IP, M.A. Ph.D., dari Fakultas Seni Media Rekam
ISI Yogyakarta yang akan mempresentasikan makalah berjudul “Suatu Strategi untuk Penelitian Fotografi”.

Ketua panitia Seminar Virtual FSMR 2021, Zulisih Maryani, M.A. menyatakan bahwa seminar akademik ini menjadi sarana pertukaran wawasan dan ilmu pengetahuan baik di kalangan akademisi maupun masyarakat umum. 

Forum ilmiah seperti ini menjadi wadah aspirasi dan ruang diskusi akademik yang luas sebagai upaya pengembangan ilmu pengetahuan dan perluasan wawasan terutama terkait bidang seni dan media. Lebih jauh, dalam seminar kali ini sebanyak 25 artikel ilmiah akan dipresentasikan. 

Rinciannya, 16 artikel berasal dari akademisi luar ISI Yogyakarta dan  9 artikel dari akademisi ISI Yogyakarta. Institusi asal pemakalah dari luar ISI Yogyakarta antara lain Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Sebelas Maret, Universitas Jenderal Soedirman, Institut Seni Indonesia Surakarta, Institut Teknologi Kalimantan, Universitas Teknologi Yogyakarta, Universitas Multimedia Nusantara, BBPPMPV Seni dan Budaya Yogyakarta, dan Institut Mamba’ul ’Ulum Surakarta.

Seminar akan dilaksanakan secara daring melalui platform zoom meeting dan akan disiarkan langsung melalui kanal Youtube FSMR, ISI Yogyakarta. 

Dekan dari Fakultas Seni Media RekamISI Yogyakarta, Dr. Irwandi, M.Sn., menegaskan bahwa seminar akademik merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan oleh FSMR, ISI Yogyakarta. Namun, selama masa pandemi Covid-19, seminar dilaksanakan secara daring atau virtual dengan memanfaatkan teknologi informasi. 

Sebagai upaya menyediakan sarana bagi pertukaran wawasan dan sarana perbincangan tentang perkembangan ilmu pengetahuan, seminar tetap dilaksanakan di tengah berbagai keterbatasan. 

Harapannya, kegiatan ini dapat bermanfaat baik secara individu maupun kelembagaan. Para akademisi dapat memanfaatkan ruang virtual dalam seminar ini untuk mempresentasikan makalah dan berdiskusi mengenai perkembangan ilmu pengetahuan di bidang seni dan media. 

Sementara itu, secara kelembagaan, baik itu FSMR, ISI Yogyakarta maupun institusi lain yang menaungi para presenter juga akan mendapatkan manfaat baik secara langsung maupun tidak langsung. 
Dalam pelaksanaannya, seminar ini akan dibagi menjadi beberapa sesi secara pararel dengan pemakalah yang akan mempresentasikan makalahnya berdasarkan tema tertentu. 

Tema-tema tersebut adalah Dialektika Seni dan Media; Seni dan Masyarakat; serta Seni, Komunikasi dan Media Pembelajaran.  Enam makalah terbaik akan diterbitkan oleh jurnal-jurnal yang dinaungi oleh FSMR, ISI Yogyakarta dan terindeks Sinta, misalnya Rekam: Jurnal Fotografi, Televisi, dan Animasi yang terindeks Sinta 2. Sedangkan makalah lain akan diterbitkan dalam sebuah prosiding yang ber-ISBN.  Diharapkan seminar ini akan semakin memperluas khazanah keilmuan para akademisi. (Dho/Din)
Advertisement banner

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.