-->
Ketemu Dalang Cilik di Yogya, Sandiaga : Pelestari Kebudayaan Harus Kita Dukung
Ketemu Dalang Cilik di Yogya, Sandiaga : Pelestari Kebudayaan Harus Kita Dukung

Ketemu Dalang Cilik di Yogya, Sandiaga : Pelestari Kebudayaan Harus Kita Dukung



JOGJAGRID.COM : Seorang bocah berusia 9 tahun, bernama Adimas Alby Ersani, warga Kemantren Rejowinangun, Kota Yogyakarta menyukai wayang dan berkesempatan pamer aksinya di depan Menparekraf Sandiaga Uno di Yogya Jumat (8/10).

Alby tampak begitu rancak mengisahkan tokoh-tokoh perwayangan, bak dalang-dalang kenamaan. Sama sekali tidak ada rasa grogi, meski dirinya mendalang di hadapan Sandiaga yang melakukan kunjungan kerja di Kampung Wisata Rejowinangun Kotagede itu.

Dalam kesempatan itu, Alby pun sempat memberi kenang-kenangan wayang untuk sang menteri. Ia berharap, wayang yang terbuat dari karton tersebut, mampu menginspirasi Sandiaga, supaya semakin bersemangat melestarikan pariwisata nasional yang berbasis budaya lokal. 


"Ini wayang tokohnya Pak Menteri, namanya Raden Sandiaga Uno," ungkapnya, yang disambut gemuruh tepuk tangan hadirin di Pendopo Kampung Wisata Rejowonangun. 


Sandiaga yang didampingi Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi pun berharap, Alby dapat menjadi delang kenamaan, menapaktilasi jejak idolanya, Ki Seno Nugroho, yang sudah berpulang. Menurutnya, peluang itu masih terbuka lebar mengingat usia Alby yang masih begitu muda. 


Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, Sandiaga berjanji menggandeng Alby tampil di berbagai event, baik nasional, maupun internasional. Tidak tanggung-tanggung, ia bakal mengajaknya mendalang hingga Amerika Serikat. 


"Potensinya luar biasa, saya terpikir untuk mengajaknya mendalang ke luar negeri ya, mungkin di Washington DC , bersama keluarganya tentu," terangnya. 


Tidak berhenti sampai disitu, keinginan Alby untuk memiliki wayang standar dalang pun coba diwujudkan oleh Sandiaga. Pasalnya, siswa kelas III SD Gedong Kuning tersebut sempat curhat dengan Menparekraf, kalau wayang yang dipakainya saat ini masih wayang standar latihan. 


"Langsung kita belikan di UMKM setempat. Tadi saya order di Pak Tugiman, harganya Rp10 juta. Nanti itu buat Mas Alby. Kita suport penuh, karena kecintannya pada wayang luar biasa, dan ingin melestarikannya " ujarnya. 


Sementara itu, Alby mengisahkan, dirinya sudah mengenal wayang sejak usia tiga tahun. Beranjak besar, ia pun mulai tertarik dengan dunia perdalangan. Beragam prestasi kini telah ditorehkannya. Yang teranyar adalah, gelar juara Dalang Cilik tingkat DI Yogyakarta 2021. 


"Pertama kenal dari TV, terus belajar otodidak sambil nonton dari Youtube. Karena senang saja, saya suka mendalami wayang, merasa jiwa saya ada di wayang," katanya. 


"Lewat wayang kita bisa memperlihatkan budaya Jawa pada dunia. Sekaligus memberikan pesan, jangan sampai lupa dengan budayanya sendiri, jangan sampai jadi tamu di rumahnya sendiri," ucap Alby. (ian)
Advertisement

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.