-->
Gandeng BRIN, Anggota DPR RI Inisiasi Bantu Petani
Gandeng BRIN, Anggota DPR RI Inisiasi Bantu Petani

Gandeng BRIN, Anggota DPR RI Inisiasi Bantu Petani





JOGJAGRID.COM:  Anggota Komisi VII DPR RI Fraksi Golkar Drs HM Gandung Pardiman MM mengungkapkan, guna mendorong pertumbuhan kualitas dan kuantitas pertanian, petani perlu didampingi. DPR RI menggandeng Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memberikan pelatihan dan mengenalkan berbagai inovasi maupun hasil penelitian untuk pengembangan bidang pertanian. “ Melalui pendampingan dan pelatihan, tentunya hasil produksi pertanian akan semakin meningkat. Baik kualitas maupun kuantitasnya. Kini masyarakat di Ponjong sedang mengembangan bawang merah, hasilnya dengan nantinya didukung inovasi BRIN akan semakin baik,” kata HM Gandung Pardiman MM di acara Promosi Hasil Litbang BRIN Bidang Pertanian dan Pelatihan Pupuk Organik Hayati di Balai Kalurahan Sidorejo, Ponjong, Kamis (7/10).

Kegiatan dihadiri Plt Deputi Bidang Pemanfaatan Riset dan Inovasi BRIN  Hardi Julendra, BRIN DIY,  Waket DPRD Gunungkidul Heri Nugroho SS, Assek Bidang Ekonomi dan Pembangunan Siti Isnaini Deconingrum, muspika dan peserta pelatihan. Dalam kesempatan tersebut Drs HM Gandung Pardiman MM menyerahkan bantuan bibit padi unggul dan pupuk hayati hasil pengembangan BATAN, selain itu mesin pencacah rumput untuk kelompok peternak di Sidorejo. Diungkapkan, kalurahan harus mampu menjadi pusat pertumbuhan. Pada awalnya di Ponjong hanya 10 orang mengembangkan bawang merah. Karena hasilnya bagus berkembang menjadi puluhan. Melalui dukungan inovasi BRIN yang akan mampu meningkatkan kualitas dan hasil produksi, nantinya akan semakin banyak petani mengembangkan bawang merah. “ Bahkan pupuk organik hayati ini dapat dipergunakan untuk tanaman lain,” imbuhnya.

Plt Deputi Bidang Pemanfaatan Riset dan Inovasi BRIN  Hardi Julendra mengungkapkan, dalam kesempatan ini BRIN mengenalkan bibit unggul padi yang banyak dikembangkan di jawa. Selain itu, pupuk organik hayati ini mampu mendorong pertumbuhan tanaman dengan baik. Menjadi upaya mengurangi pupuk kimia.  Sementara Siti Isnaini Deconingrum menuturkan, pemerintah daerah memberikan apresiasi kepada HM Gandung Pardiman MM bersama BRIN. Karena telah memperhatikan dan peduli dalam mendorong perkembangan pertanian di Gunungkidul. (Ian/Das)
Advertisement

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.