-->
Promosi Wisata Dikebut, Event Jogjavaganza Kembali Digelar
Promosi Wisata Dikebut, Event Jogjavaganza Kembali Digelar

Promosi Wisata Dikebut, Event Jogjavaganza Kembali Digelar

 
JOGJAGRID.COM: Pemerintah Kota Yogyakarta dan para pelaku wisata mulai menggencarkan kembali ajang promosi wisata di wilayahnya pada akhir Maret 2021 yang masih dilingkupi pandemi Covid-19.
Salah satunya, menyiapkan event tahunan Jogjavaganza yang disokong Melalui Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, dari 23-25 Maret 2021.
Kegiatan ini menjadi satu ajang promosi pariwisata Kota Yogyakarta yang melibatkan seluruh pelaku pariwisata. 
Mulai dari Badan Promosi Pariwisata Kota Yogyakarta (BP2KY), Asosiasi biro perjalanan (ASITA), Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI), Paguyuban Dimas Diajeng Kota Jogja dan Sales Britis. 
“Dari Jogjavaganza 2021 ini terdapat beberapa rangkaian acara dan kegiatan yang diselenggarakan untuk memfasilitasi pelaku usaha pariwisata yang berasal dari dalam maupun luar Kota Yogyakarta seperti travel agent, destinasi wisata, oleh-oleh hotel bintang dan non bintang,” kata Ketua Panitia Jogjavaganza 2021 Edwin Ismedi Himna Senin 22 Maret 2021.
Edwin menargetkan event kali ini tetap semarak dan meriah, sehingga pelaku usaha pariwisata dapat melakukan kegiatan bussines to bussines dengan buyer yang diundang dari Pulau Jawa maupun luar Jawa. 
Rangkaian acara Jogjavaganza 2021 bersifat offline diselenggarakan dengan tetap menaati protokol kesehatan yang ketat. 
Dimulai tanggal 23 Maret 2021 akan diadakan welcome dinner bagi 100 buyers dari seluruh Indonesia di Hotel Jambuluwuk Malioboro Hotel. Lalu pada tanggal 24 Maret 2021 akan diadakan table top yang mempertemukan 100 buyers dari seluruh Indonesia dengan 70 sellers dari Kota Yogyakarta di Grand Inna Malioboro Hotel. 
Dari kegiatan table top ini terjadi transaksi signifikan antara sellers dan buyers. 
Tanggal 25 Maret 2021 sebagai hari terakhir Jogjavagnza 2021 akan digunakan untuk mengeksplor potensi wisata di Kota Yogyakarta. 
Pada pagi hari akan diadakan Gowes Van Jogja dengan membagi peserta ke dalam rute sepeda yang sudah disediakan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta dalam aplikasi Yogowes. 
Rute-rute sepeda ini juga akan melewati kampung-kampung wisata yang ada di Kota Yogyakarta. Di hari yang sama akan diselenggarakan city tour sebagai puncak acara dengan mengunjungi destinasi wisata di Kota Yogyakarta. 
Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata, Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Andrini Wiramawati mengatakan, Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta bertindak sebagai fasilitator dalam kegiatan Jogjavaganza ini. 
Dari Jogjavaganza tahun keempat itu targetnya dapat menarik kembali wisatawan ke Yogyakarta. 
Dia menyebut jumlah kunjungan wisatawan di Yogyakarta selama tahun 2019 mencapai 4 juta dan tahun 2020 mencapai 1,3 juta. 
Pada tahun 2021 ditargetkan sektiar 1,2 juta wisatawan bisa berkunjung ke Yogyakarta.
“Di masa pandemi ini pelaku wisata jangan menyerah, tapi harus berkreasi sehingga Jogjavaganza tahun ini kembali dilaksanakan,” kata Andrini. (Yoan)
Advertisement

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.