DPD Demokrat DIY Nyatakan Perlawanan Atas Isu Kudeta Ketum AHY
DPD Demokrat DIY Nyatakan Perlawanan Atas Isu Kudeta Ketum AHY

DPD Demokrat DIY Nyatakan Perlawanan Atas Isu Kudeta Ketum AHY





JOGJAGRID.COM : Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PD DIY merespon kabar isu kudeta Ketum Demokrat AHY yang belakangan santer.

Dalam pernyataan pers nya Senin 1 Februari 2021, AHY mengatakan gerakan kudeta ini disinyalir gabungan gerakan atas 5 orang, terdiri atas satu kader aktif, satu kader yang sudah 6 tahun tidak aktif, satu mantan kader yang suah 9 tahun diberhentikan tidak hormat karena menjalani hukuman korupsi, satu kader yang keluar 3 tahun yang lalu, dan 1 nonkader yang merupakan pejabat tinggi pemerintahan.


DPD Demokrat DIY pun memastikan Demokrat DIY dalam kondisi solid dan loyal mendukung kepemimpinan AHY.

“Kita tetap solid mendukung hasil Kongres Partai Demkrat ke-5 yang melahirkan Mas AHY sebagai Ketum Demokrat,” tegas Ketua DPD PD DIY, Heri Sebayang, Senin (1/2/). 

Menurut Heri, tak hanya di DIY, kebulatan tekad setia mendukung kepemimpinan AHY juga dilakukan secara serentak semua DPD dan DPC seluruh Indonesia.

Ia amengungkapkan isi kudeta internal Demokrat tidaklah main-main. Dari beberapa pengurus daerah sudah bertemu dengan pejabat yang terindikasi melakukan lobbying melakukan kudeta kepemimpinan AHY.

“Dari daerah lain beberapa sudah ketemu dengan pejabat tersebut, sudah ditawari dengan uang yang fantastis,” terangnya.

Selaras dengan pernyataan AHY jika terdapat lima orang kader dan mantan kader terindikasi kuat terlibat dalam upaya kudeta. 

Mereka antara lain seorang kader aktif, seorang kader yang sudah enam tahun tidak aktif, satu mantan kader yang sudah diberhentikan sembilan tahun lalu secara tidak hormat karena tersandung kasus korupsi, serta satu mantan kader yang keluar sejak tiga tabun lalu.

Isu kudeta internal demokrat tersebut, dianggapnya benar adanya, dan bukan sebagai rekayasa ataupun upaya AHY untuk mencari panggung publik. Keseriusan itu ditunjukan AHY dengan mengirimkan surat resmi kepada Presiden Jokowi. 

“Jadi bagi kami yang bermain-main menghancurkan Demokrat maka kami akan lawan,” ujar Heri.

Heri optimistis langkah politik kotor pihak-pihak yang berupaya melakukan kudeta tersebut akan dapat dipatahkan oleh internal Demokrat sendiri. Ia melihat sejauh ini seluruh kepengurusan baik tingkat DPD maupun DPC se-Indonesia solid dan tetap setia mendukung AHY sebagai Ketua Umum Demokrat.” Kami percaya upaya itu akan layu sebelum berkembang,” tandas dia.

Ketegasan yang sama juga disampaikan oleh Sekretaris DPD PD Freeda Mustika Sari. Menurutnya, Demokrat DIY bersih dari upaya kudeta, dipastikan tidak ada satupun kader yang terlibat. “Kita solid sampai ke tingkat bawah, ” sambung Freeda.

Partai Demokrat Daerah Istimewa Yogyakarta juga mensinyalir bahwa memang ada upaya-upaya untuk mengkudeta Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dari posisi ketua umum partai itu.

Ketua Partai Demokrat DI Yogyakarta Heri Sebayang juga menyebut bahwa sejumlah pimpinan partai di daerah memang digoda untuk melengserkan AHY. 

Namun, khusus pimpinan Demokrat DI Yogyakarta, sejauh ini tidak ada upaya mengarah ke sana karena mereka dianggap loyalis kuat AHY.

Heri menegaskan, para kader dan pengurus Demokrat di DI Yogyakarta solid, tunduk dan patuh kepada AHY. 

"Kami, baik pengurus maupun kader di DIY semuanya solid. Kami solid mendukung, tunduk dan patuh kepada Ketua Umum, Agus Harimurti Yudhoyono.” (Gun/Wir)
Advertisement banner

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.