Pemkot Yogya Kembali Buka Layanan Perpustakaan di Akhir Pekan
Pemkot Yogya Kembali Buka Layanan Perpustakaan di Akhir Pekan

Pemkot Yogya Kembali Buka Layanan Perpustakaan di Akhir Pekan




JOGJAGRID.COM: Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta kembali membuka layanan perpustakaan pada akhir pekan yakni pada hari Sabtu dan Minggu, yang pada sebelumnya dilakukan petutupan selama Pengetatan Secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PTKM) tahap pertama lalu.
Pembukaan layanan pada akhir pekan ini mulai tanggal 26 Januari 2021 lalu dan berlaku untuk Perpustakaan Kota Yogyakarta (Kotabaru) dan Pevita.
Kepala Bidang Pengelolaan Perpustakaan dan Pengembangan Gemar Membaca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, Nunun Zulaikha, mengatakan jika pembukaan layanan pada akhir pekan tersebut tetap dibatasi sesuai aturan PTKM.
“Sekarang pelayanan perpustakaan pada akhir pekan ini dibuka mulai pukul 09.00 WIB hingga 13.00 WIB saja, dan pada hari Senin hingga Jumat mulai pukul 09.00 WIB sampai 15.00WIB," katanya Jumat (29/1/2021).
Sebelumnya, lanjut Nunun, kedua layanan perpustakaan ini beroperasi pukul 09.00 - 18.00 WIB. Meski dibuka pada akhir pekan, pihaknya menegaskan jika protokol kesehatan tetap diterapkan secara ketat.
Nunun menjelaskan jika selama pandemi Covid-19 kuota pengunjung di dua perpustakaan tersebut dibatasi, yakni di Pevita 35 pengunjung dan di Perpustakaan Kotabaru 55 pengunjung. "Sebelum pandemi kita tidak memberlalukan batasan pagi pengunjung," katanya.
Sekarang, lanjutnya, jika pengunjung yang datang melebihi batas kuota dalam satu waktu, maka pengunjung berikutnya harus menunggu untuk masuk perpustakaan.
"Namun para pengunjung tak perlu khawatir, kami telah memiliki layanan yang disesuaikan dengan kondisi pandemi, misalnya layanan sapa ratu yang melayani pemustaka tanpa masuk area dan turun dari kendaraan, ada juga layanan Jamila yang siap mengantarkan buku pada waktu yang telah ditentukan," katanya.
Sementara untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di area perpustakaan, pihaknya juga kerap melakukan sterilisasi terhadap seluruh sarana dan prasarana pustaka. (Han)

Advertisement banner

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.