Wisata Akhir Tahun, Sejumlah Destinasi Aman Berlatar Merapi Bersiap Sambut Wisatawan
Wisata Akhir Tahun, Sejumlah Destinasi Aman Berlatar Merapi Bersiap Sambut Wisatawan

Wisata Akhir Tahun, Sejumlah Destinasi Aman Berlatar Merapi Bersiap Sambut Wisatawan

 


JOGJAGRID.COM: Momentum liburan akhir tahun ini, pemerintah kabupaten Sleman dan juga kalangan pelaku usaha wisata yang masih berada di jarak aman dari Gunung Merapi tetap menyiapkan diri dalam menyambut wisatawan.

“Liburan akhir tahun ini wisatawan masih bisa mendatangi kawasan berlatar Merapi khususnya destinasi-destinasi di Kecamatan Cangkringan (wilayah administratif Sleman yang terdekat dengan Merapi),” ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman Joko Supriyanto Senin 14 Desember 2020.

Joko menuturkan, wisatawan wajib tahu jika destinasi di lereng Merapi saat ini yang ditutup hanya dua yakni Bukit Klangon serta Kaliadem. Penutupnan itu karena status Merapi siaga dan rekomendasi jarak aman yang diberikan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta tak berubah, masih radius 5 km dari puncak.

“Artinya semua destinasi yang berada di luar radius 5 km itu masih bisa dikunjungi wisatawan dengan aman,” ujar Joko.

Salah satu destinasi belatar Merapi, Pallatina Glamping yang berlokasi di Dusun Petung, Kecamatan Cangkringan dan berjarak 8-9 km dari puncak Merapi juga menyatakan telah bersiap menyambut wisatawan pada momen libur akhir tahun ini.

“Momentum libur akhir tahun ini kami tetap bersiap dan beroperasi seperti biasa untuk menyambut wisatawan,” ujar Stepanus Prabowo, Manajer Operasional Pallatina Glamping.

Pallatina Glamping sendiri selama ini merupakan salah satu destinasi favorit wisatawan di Sleman yang mengusung konsep glamorous camping atau kemah mewah yang menawarkan sisi petualangan. Selalu diselimuti udara segar dan adem, di tempat itu wisatawan bisa kemping secara nyaman dan memuaskan diri menikmati indahnya pemandangan Gunung Merapi saat pagi hari.

“Kami berharap wisatawan juga tidak perlu cemas tentang pemberitaan Merapi karena lokasi destinasi kami juga di luar potensi jarak bahaya Merapi,” ujar Stepanus.

Stepanus menyebutkan, pihaknya bersama pelaku wisata lain di Kecamatan Cangkringan juga telah mendapatkan edaran dari Pemda Sleman bahwa daerah Desa Umbulharjo dan Petung aman.



“Jeep Lava Tour, restoran, dan tempat wisata di sekitar juga masih beroperasi,” katanya.

Menurutnya para pelaku wisata juga selalu memantau status Merapi, berdiskusi dengan pihak berwenang, dan memberikan update kepada tamu.

“Sejauh ini kondisi Merapi masih terpantau aman dari tempat kami," kata dia.

Ketua komisi A DPRD Sleman Ani Martanti menuturkn saat ini sejumlah wisata di Sleman, khususnya yang memiliki latar Gunung Merapi masih aman terutama yang berada di luar radius bahaya 5 km.

" Wisatawan tidak perlu takut datang berkunjung ke destinasi wisata yang sudah dinyatakan aman di luar radius bahaya dari Merapi,” kata dia.

Advertisement banner

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.