Sebulan Berjalan, Pameran Sang Adiwira di Keraton Yogyakarta Dikunjungi Lebih dari 5000 Pengunjung
Sebulan Berjalan, Pameran Sang Adiwira di Keraton Yogyakarta Dikunjungi Lebih dari 5000 Pengunjung

Sebulan Berjalan, Pameran Sang Adiwira di Keraton Yogyakarta Dikunjungi Lebih dari 5000 Pengunjung



JOGJAGRID.COM : Pameran Temporer Adhyatmaka: Sang Adiwira Sri Sultan Hamengku Buwono II yang digelar oleh KHP Nityabudaya Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat telah berjalan sebulan pasca dibuka pada Kamis, 29 Oktober 2020 lalu. Dalam pameran yang masih digelar hingga 31 Januari 2021 ini, masyarakat dari dalam dan luar kota Yogyakarta nampak antusias menyelami kisah kehidupan Sultan kedua Kasultanan Yogyakarta ini.

"Kami bersyukur, meski dalam suasana pandemi, masyarakat tetap antusias berkunjung ke pameran. Tercatat hingga Minggu, 29 November 2020 kemarin sudah ada lebih dari 5000, tepatnya 5108 pengunjung yang hadir. Pembelian online maupun on the spot semuanya ramai, terutama ketika long weekend kemarin dan bertepatan dengan promo spesial Hari Pahlawan. Namun, semuanya tetap mematuhi protokol kesehatan dan peraturan pengunjung yang kami buat,” papar GKR Bendara selaku Penghageng KHP Nityabudaya sekaligus Ketua Panitia Pameran Sang Adiwira.

Pada bulan November ini, tercatat telah terselenggara dua webinar yang merupakan rangkaian acara dari pameran Sang Adiwira. Arsitektur Pesanggrahan Era Sri Sulan Hamengku Buwono II menjadi tema dari webinar pertama yang digelar Selasa, 10 November 2020 dan menghadirkan Dr. Ir. Revianto Budi Santosa, M.Arch sebagai narasumber. Webinar yang dilaksanakan di Kagungan Dalem Bangsal Kasatriyan dan disiarkan melalui aplikasi Zoom ini diikuti oleh 32 peserta dari baik dari Yogyakarta, maupun luar DIY seperti Jawa Tengah, Bandung, Bali, dan Jabodetabek.

Webinar kedua yang bertemakan Sri Sultan Hamengku Buwono II dan Peristiwa yang Menyertainya juga telah digelar kemarin Selasa, 24 November 2020 di tempat yang sama. Webinar yang menghadirkan Prof. Dr. Joko Suryo sebagai narasumber ini diikuti oleh 28 peserta dari berbagai daerah. Tak hanya dari DIY, tercatat terdapat pula peserta dari Jabodetabek, Jawa Timur, Bandung, dan Bali. Pada webinar kali ini peserta begitu antusias berdiskusi mengenai berbagai peristiwa sejarah yang menyertai kehidupan sebelum hingga sesudah bertakhta sultan kedua Yogyakarta ini.

Memasuki bulan Desember 2020, banyak hal menarik yang akan hadir di Pameran Sang Adiwira: Sri Sultan Hamengku Buwono II ini. Webinar ketiga akan hadir pada hari Selasa, 8 Desember 2020 dengan tema Batik dan Busana Tari di Era Sri Sultan Hamengku Buwono II bersama narasumber Dr. Theresia Suharti. Webiar terakhir juga akan diselenggarakan pada Selasa, 22 Desember 2020 dengan tema Sisi Humanis Sri Sultan Hamengku Buwono II: Perjamuan dalam Diplomasi Politik bersama narasumber Prof. Dr. Joko Marihandono, S.S., M.Si.

Selain dua webinar tadi, di bulan Desember ini Keraton Yogyakarta menghadirkan sesuatu yang unik. Mengakomodir keinginan masyarakat di luar Yogyakarta, bahkan luar negeri yang ingin menikmati pameran namun belum bisa berkunjung langsung ke Keraton Yogyakarta, tim pameran akan menyelenggarakan Virtual Tour Pameran Sang Adiwira.

“Virtual tour Pameran Sang Adiwira ini rencananya akan diselenggarakan beberapa sesi, dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris juga. Yang sudah terjadwal itu hari Sabtu, 5 dan 19 Desember 2020, lainnya masih kami rancang kembali dan akan diumumkan kemudian melalui Instagram @kratonjogja.event. Kami akan berusaha menghadirkan pengalaman berkunjung virtual yang terbaik. Jadi meskipun tidak bisa menyaksikan langsung koleksinya, namun tetap bisa menikmati kisah dari Sang Adiwira,” tutur GKR Bendara.

Virtual Tour Pameran Sang Adiwira ini akan diselenggarakan pukul 15.00 dengan HTM Rp15.000. Untuk dapat mengikuti virtual tour dan webinar bisa melakukan registrasi terlebih dahulu melalui website sangadiwira.alura.id. Selain itu terdapat berbagai merchandise eksklusif seperti kalender 2021 dan katalog pameran yang hanya tersedia selama pameran berlangsung. Exclusive merchandise ini bisa didapatkan secara offline di Keraton Yogyakarta maupun online melalui website yang sama. Info lebih lanjut mengenai pameran Sang Adiwira dapat disimak melalui media sosial Keraton Yogyakarta di Instagram @kratonjogja.event, Facebook Kraton Jogja, dan Twitter @kratonjogja. 

Advertisement banner

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.