Dosen UMY Dampingi Masyarakat Sumber Produksi Film
Dosen UMY Dampingi Masyarakat Sumber Produksi Film

Dosen UMY Dampingi Masyarakat Sumber Produksi Film


JOGJAGRID.COM: Pada masa pandemi Covid-19, Budi Dwi Arifianto dan Zein Muffarih Muktaf, dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) tetap produktif dan berkomitmen dalam kegiatan pengabdian masyarakat. Mereka melakukan pendampingan produksi film berbasis naskah ketoprak di desa Sumber, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang. Program pengabdian ini telah berlangsung selama satu semester awal tahun 2020.  

“Pengabdian ini bertujuan untuk pengembangan konten dari Ndeso Film Festival yang sudah diinisiasi pada program pengabdian sebelumnya,” ujar Budi, pada Jum’at (13/8). Pengabdian ini juga melibatkan, Citra Dewi Utami dari ISI Surakarta sebagai anggota. Budi menambahkan bahwa tujuan lain dari program ini adalah  mendekatkan dan menumbuhkan kecintaan anak muda terhadap seni tradisi dengan cara pengalihwahanaan seni tradisional menjadi bentuk film.  

Mitra Pengabdian kepada masyarakat ini adalah karang taruna desa Sumber yang tergabung dalam komunitas pembuat konten video, dan paguyuban ketoprak yang berada di Desa Sumber. Program pengabdian ini merupakan kelanjutan dari program di tahun 2019.   

“Sebelumnya telah dilaksanakan program pelatihan pengelolaan festival film yang mampu memantik semangat produksi film para pemudanya yaitu Ndeso Film Festival (NFF) 2019. Selanjutnya, warga berinisiatif membuat film berkolaborasi dengan sanggar ketoprak Santiaji,” kata Budi. Budi juga menambahkan selama produksi tetap memperhatikan protokol kesehatan. 

(RIA) 

 

Advertisement banner

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.