11.700 Wisatawan Kunjungi Parangtritis Saat Uji Coba
11.700 Wisatawan Kunjungi Parangtritis Saat Uji Coba

11.700 Wisatawan Kunjungi Parangtritis Saat Uji Coba



Sunset Parangtritis


JOGJAGRID.COM  : Walaupun masa tanggap darurat bencana Covid-19 di DIY diperpanjang sampai 31 Juli, namun Pemerintah DIY telah mengijinkan sejumlah destinasi wisata mulai menerima kunjungan.

Di masa tanggap darurat ini, konteks pembukaan destinasi DIY statusnya dalam tahap uji coba. Sehingga operasionalnya pun terbatas.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Kwintarto Heru Prabowo mencatat di hari ujicoba pembukaan Pantai Parangtritis Minggu (28/6) tercatat ribuan wisatawan membludaki pesisir favorit itu.

"Untuk hari ini saja ada 11.700 wisatawan mengunjungi Parangtritis," ujar Kwintarto Minggu 28 Juni 2020.

Jumlah kunjungan ke Parangtritis ini melonjak tajam dibanding ujicoba hari pertama Sabtu (27/6) lalu yang sampai siang baru disambangi di bawah 3 ribu wisatawan.

Ujicoba Parangtritis dilakukan Sabtu- Senin, 27-29 Juni 2020. Selanjutnya akan dievaluasi apakah obyek itu benar benar siap dibuka normal usai tanggap darurat berakhir.

Dari hasil evaluasi sementara kunjungan Parangtritis itu, Kwintarto mengungkap masih banyak wisatawan yang saat masuk hanya sekedar membawa masker tapi tidak dipakai.

"Baru saat diingatkan petugas, mereka memakainya," ujarnya. 

Kwintarto mengatakan selama masa ujicoba, wisatawan di Parangtritis hanya boleh bermain dan menikmati pantai hingga usai sunset atau sekitar pukul 18.00 WIB.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Rahardjo mengatakan para pengelola wisata harus memahami tiga batasan prinsipil dalam masa ujicoba pembukaan destinasi.

"Di dalam uji coba terbatas itu memang sudah boleh menerima tamu, tapi ada batasan jelas, ” ujar Singgih Ahad 28 Juni 2020.

Operasional terbatas itu mencakup tiga kategori. Yakni pembatasan dari sisi jumlah wisatawan yang datang,   asal wisatawan, dan waktu  operasional destinasi.

Singgih mengatakan untuk jumlah wisatawan selama fase ujicoba pembukaan dipastikan dibatasi maksimal 50 persen dari kuota kunjungan normal. Masing-masing pengelola, ujar dia, diminta menghitung dan menghentikan kunjungan jika sudah mencapai separo kuotanya.

"Kami akan mendorong sistem reservasi online untuk efektivitas pembatasan jumlah kunjungan ini,"  ujarnya.  

Soal destinasi DIY yang bisa melakukan ujicoba saat ini baru ditetapkan 10 lokasi.

Seperti Pantai Baron dan Kukup, serta Gunung Api Purba Nglanggeran di Kabupaten Gunungkidul. Selain itu ada pula Pantai Parangtritis, Pantai Depok dan Hutan Mangunan di Bantul. Sedangkan untuk yang belum menerima tamu dalam simulasi yaitu Tebing Breksi di Kabupaten Sleman. 

(Jan/Sun)

Advertisement banner

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.