-->
UNY Ciptakan Wastafel Injak Portabel
UNY Ciptakan Wastafel Injak Portabel

UNY Ciptakan Wastafel Injak Portabel

JOGJAGRID.COM: Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik UNY ciptakan westafel injak portable sebagai wujud peran aktif dalam penenganan Covid-19. Wastafel dibuat oleh Muhammad Riza, Didik Setiawan, & Fauzan Surya Valistya dibawah bimbingan “Nur Hidayat, M.Pd., Dr. Slamet Widodo, Dr. Nuryadin, Dr.-Ing. Satoto E Nayono.

Keunggulan westafel ini adalah tidak perlu disentuh atau dioperasikan dengan tangan sehingga meminimalisir kemungkinan penyebaran virus. 

“Kita tidak perlu menyentuh kran air serta sabun cair secara langsung karena keduanya secara teknis dapat dikendalikan menggunakan kaki dengan diinjak,” terang Nur Hidayat.

Latar belakang pembuatan alat ini karena ditengah kondisi pandemi corona ini masih banyak tempat umum yang belum dilengkapi dengan fasilitas untuk cuci tangan seperti pasar-pasar tradisional padalah tingkat kunjungan masyarakat masih tinggi. Hal ini diperparah dengan sebagian masyarakat yang masih enggan menggunakan fasilitas cuci tangan di tempat umum karena mungkin ragu akan kebersihannya. 

Lebih jauh, Nur Hidayat menjelaskan bahwa penggunaan alat ini denagn cukup menginjak pedal seperti pada mobil hingga kran air terbuka serta sabun cair keluar dari botolnya.
“Selain itu, wastafel ini juga tidak memerlukan aliran listrik dan dapat dipindah-pindah (portable) sesuai kebutuhan, baik outdoor maupun indoor,” imbuh Nur Hidayat.
Alat ini sangat cocok untuk digunakan di berbagai tempat umum seperti terminal, masjid, pasar, puskesmas, poliklinik, masjid, toko/minimarket, dan sejenisnya.
Nur Hidayat menambahkan bahwa pembuatan prototipe menghabiskan waktu 3 hari. 

“Setelah prototipe jadi, kami hanya membutuhkan waktu 2 hari untuk pembuatan setiap unitnya,” lanjutnya.

Biaya pembuatan tiap unitnya sangat terjangkau (tidak lebih dari 1 juta per unit). Sementara ini, produksi westafel injak ini masih untuk intern UNY serta akan disumbangkan ke puskesmas disekitar kampus. 

(Ryo)

Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.