Corona, Pertanian Tetap Berjalan Normal
Corona, Pertanian Tetap Berjalan Normal

Corona, Pertanian Tetap Berjalan Normal


JOGJAGRID.COM : Dalam rangka memastikan kegiatan pertanian tetap berlangsung, Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun kunjungi Desa Pondokrejo Kecamatan Tempel, Sleman.

Didampingi Kepala Dukuh Pondokrejo, Sri Muslimatun mendatangi lahan padi Desa Pondokrejo. Sri Muslimatun mengatakan meskipun di tengah merebaknya pandemi Covid-19, kegiatan pertanian tetap akan berlangsung demi mewujudkan ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Sleman.

“Memang saat ini kita sedang perang melawan covid-19 dan ada anjutan untuk tetap di rumah, namun untuk kegiatan menanam padi tetap perlu dilakukan langsung (turun ke sawah). Dan yang paling penting tetap memperhatikan aspek pencegahan covid-19 diantaranya menjaga jarak dan memakai masker,” jelasnya.

Menurut Sri Muslimatun, dengan melakukan langkah-langkah pencegahan yaitu memakai masker dan menjaga jarak, kegiatan menanam padi tetap dapat dilakukan oleh petani di ladangnya. 

“Jadi meskipun kita itu sedang perang melawan covid-19, waktunya panen tetap panen, waktunya menanam tetap menanam. Nandur sing dipangan, mangan sing ditandur,” katanya.

Sri Muslimatun menilai bahwa para petani yang melakukan kegiatan pertanian telah memahami langkah – langkah dalam pencegahan covid-19, sehingga tampak sejumlah petani berkegiatand dengan memakai masker dan menjaga jarak bahkan, dilakukan pembagian waktu sehingga meminimalisir terjadinya kerumunan. 

Selain itu, Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun juga mengunjungi kelompok tani Ngudi Makmur di Desa Jogotirto Kecamatan Berbah. Dalam kunjungannya, Sri Muslimatun berkesempatan untuk memimpin pengendalian dan pembasmian Hama Wereng Batang Coklat di lahan pertanian warga.

Pengendalian tersebut dilakukan dengan cara menyemprotkan agensia hayati yaitu cairan non-kimia yang tidak berbahaya bagi tanaman atau bagi pertanian masyarakat.

Koordinator Regu Pengendali Hama Tanaman (RPT), Suharno menyebut gerakan pengendalian tersebut dilakukan untuk menjaga tanaman pagi tetap aman dan dapat panen dengan baik dengan tujuan yang sama yaitu mewujudkan ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Sleman.

(Bens/Don)
Advertisement banner

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.