Sultan HB X : Pasar Malam Perayaan Sekaten Digelar Dua Tahun Sekali
Sultan HB X : Pasar Malam Perayaan Sekaten Digelar Dua Tahun Sekali

Sultan HB X : Pasar Malam Perayaan Sekaten Digelar Dua Tahun Sekali

JOGJAGRID.COM: Gubernur DIY yang juga Raja Keraton Yogya Sri Sultan Hamengku Buwono X, menuturkan perayaan pasar malam saat tradisi Sekaten akan digelar secara berkala dua tahun sekali.

Sultan menuturkan telah ada kesepakatan dengan Pemerintah Kota Yogya selaku penanggungjawab penyelenggaraan pasar malam saat tradisi Sekaten itu.

"Kesepakan kami, keramaian (pasar malam) hanya dua tahun sekali, jadi Sekaten ada pasar malam itu baru tahun depan," ujar Sultan (7/10)

Sebelumnya Divisi kesenian dan pertunjukan Keraton Yogyakarta, Kawedanan Hageng Punakawan (KHP) Kridhomardowo Kanjeng Pangeran Hario Notonegoro telah  menyatakan pasar malam saat Sekaten tahun ini ditiadakan.

"Break dulu (pasar malam Sekaten), agar kondisi Alun Alun Utara lebih bagus dan makna Sekaten seperti awal," ujar Notonegoro.

Adapun Pani Radya Pati DIY, lembaga yang bertugas menyerap aspirasi masyarakat, Beny Suharsono, menuturkan bahwa pihaknya akan mengkaji mengenai pelaksanaan pasar malam sebagai perayaan Hajad Dalem Sekaten.

"Sekaten akan ditiadakan sama sekali itu tidak betul dan tidak ada pernyataan seperti itu. Kajian ini memang tidak bisa serta merta direduksi semua dan harus membertimbangkan berbagai aspek terutama yang mempunyai hajad bersama Pemkot Yogyakarta harus terus berdialog," ujarnya.

Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti menuturkan bahwa tahun ini tidak ada pasar malam. Namun prosesi Sekaten sendiri masih terus berjalan. "Pasar malam nantinya akan digelar di tahun-tahun genap, dua tahun sekali, jadi tahun ini memang tidak ada, tapi prosesi Sekaten sendiri tetap terus ada," ujar Haryadi.


Wakil Ketua II Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Keraton Ngayogyakarto Hadiningrat, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Bendara
sebelumnya menuturkan bahwa pada tradisi Sekaten ini Keraton berkeinginan mengembalikan semangat dan suasana tradisi Sekaten sebagaimana mestinya yakni kegiatan keagaman yang diiringi oleh seni budaya.

Putri bungsu Sultan ini menyampaikan bahwa selama pelaksanaan Prosesi Sekaten, Keraton Yogyakarta akan menggelar Pameran Sekaten yang akan berlangsung pada 1-9 November 2019.

Adapun lokasi yang akan digunakan adalah Bangsal pagelaran dan Kompleks Sitihinggil Keraton Yogyakarta. Untuk tema yang diangkat pada pameran tersebut yakni Sri Sultan Hamengku Buwono I: Menghadang Gelombang, Menantang Zaman.

Segala jenis koleksi yang dipamerkan dan pementasan yang digelar akan berkaitan dengan tema tersebut. 

GKR Bendara menambahkan, bahwa Pameran Sekaten sendiri sejatinya merupakan bagian dari pelaksanaan rangkaian Hajad Dalem Garebeg Mulud. "Prosesi akan dimulai dengan Miyos Gangsa sebagai tanda dimulainya Sekaten pada tanggal 3 November, dilanjutkan Numplak Wajik pada 7 November, lalu Kondur Gangsa pada 9 November dan Garebeg Mulud pada 10 November," ujarnya.

Sekaten sendiri sejatiya merupakan prosesi yang selalu digelar oleh Keraton Yogyakarta setiap tahunnya pada tanggal 6 hingga 12 Mulud berdasarkan Kalender Jawa Sultan Agungan. Ada yang memaknai arti harfiah Sekaten dari kata Syahdatain, atau merujuk pada dua buah gamelan yang disebut Sekati yakni Kanjeng Kiai (KK) Gunturmadu dan KK Nagawilaga.

Kedua gamelan ini dikeluarkan dari keraton pada tanggal 6 Mulud melalui prosesi Miyos Gangsa untuk ditempatkan di Pagongan Masjid Gedhe hingga tanggal 12 Mulud, untuk selanjutnya dikembalikan ke dalam keraton melalui prosesi Kondur Gangsa. Adapu puncak dari rangkaian prosesi Sekaten adalah Garebeg Mulud yang digelar pada pagi hari seusai Kondur Gangsa. Garebeg Mulud tersebut juga menandai telah berakhirnya rangkaian prosesi Sekaten. (Fikri Hamid)
Advertisement banner

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.