Penuh Keakraban dan Libatkan UMKM, HDCI D.I. Yogyakarta Gelar Anniversary 31 Tahun
Penuh Keakraban dan Libatkan UMKM, HDCI D.I. Yogyakarta Gelar Anniversary 31 Tahun

Penuh Keakraban dan Libatkan UMKM, HDCI D.I. Yogyakarta Gelar Anniversary 31 Tahun


JOGJAGRID.COM : Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar syukuran peringatan HUT ke 31 yang digelar Jalan Dersono no 9
RT 01 RW 48 nDusun Ceper - Wedomartani, Ngemplak, Sleman Minggu 18 Februari 2024.

Syukuran bertajuk 'Tasyakuran Anniversary 31 Tahun HDCI D.I. Yogyakarta' itu digelar sederhana namun penuh keakraban serta dihadiri ratusan perwakilan HDCI dari 5 kabupaten/kota DIY serta HDCI Klaten hingga Surakarta. 

Rangkaian acara syukuran diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars HDCI, dilanjutkan sambutan sejumlah pengurus, lalu doa bersama dan pemotongan tumpeng. Diakhir acara, dilakukan pembagian aneka doorprize kepada peserta beruntung.

Puluhan UMKM kuliner turut memeriahkan acara tasyakuran itu. Peserta disuguhi berbagai macam hidangan seperti bakso, wedang ronde, sate ayam, hingga kambing guling.

Penasehat HDCI DIY yang juga Pembina HDCI Pusat Gatot Kurniawan mengatakan di HUT ke 31 ini ia berharap baik pengurus dan anggota HDCI DIY semakin bisa membawa manfaat bagi masyarakat.

"HDCI DIY sebagai organisasi hobi telah diberi amanah oleh Sri Sultan HB X (Gubernur DIY) sebagai Honorary Ambassador of Yogyakarta Tourism atau Duta Wisata Yogyakarta, sehingga ke depan diharapkan semakin dapat membawa kemanfaatan bagi masyarakat Yogya, terutama dengan memajukan dan mempromosikan sektor pariwisata," kata Gatot.

Oleh sebab itu, Gatot menambahkan, HDCI DIY senantiada berkomitmen ikut mensukseskan program program yang digencarkan Pemerintah Pusat maupun daerah sepanjang tahun 2024 ini.

Mengenai program program acara ataupun event yang akan digarap HDCI DIY pada tahun 2024 ini, Gatot mengatakan masih disusun pengurus. Mengingat pada 2023 merupakan tahun politik sehingga HDCI DIY tidak menggelar event event besar yang sifatnya konsentrasi massa.


"Untuk acara yang ditunda pada 2023 tidak ada karena tahun politik memang kami menyesuaikan dengan tidak menggelar event besar, namun energi anggota tetap tersalurkan melalui riding riding kecil, hanya beberapa yang melakukan riding jauh pada 2023 lalu," kata dia.

Sedangkan event icon HDCI DIY yakni Jogja Bike Rendesvouz atau JBR yang terakhir diadakan pada 2022 lalu pada 2024 ini masih dibahas para pengurus. Karena JBR sendiri merupakan event 2 tahunan.

"Sebenarnya 2024 ini kalendernya untuk JBR, namun masih akan dibahas, mudah mudahan bisa terlaksana," kata Gatot.

"Karena JBR sendiri event yang efeknya bagus bagi dunia wisata, setidaknya ketika event itu digelar selama ini bisa mendatangkan hingga 5.000 peserta terutama dari luar DIY, jadi efeknya positif mulai dari okupansi perhotelan naik, destinasi meningkat, dan juga keterlibatan UMKM," kata dia.

"Biker biker Indonesia jadi lebih tahu tentang Yogyakarta melalui event event seperti itu, jadi sembari berwisata," imbuh Gatot.

Gatot mengatakan, agenda HDCI DIY yang mungkin sudah terencana pada 2024 ini yakni aktif menghadiri event event nasional. Seperti Pahlawan Tour di Surabaya pada November 2024 juga event di wilayah Sumatera.

Sekjen HDCI DIY Ariyanto dalam kesempatan itu mengatakan di HUT ke 31 HDCI DIY diharapkan semangat persaudaraan anggota semakin terpupuk. Dan kembali menggeliat serta berkontribusi positif bagi masyarakat.

"Terlebih saat Covid-19 kemarin kita sangat jarang sekali berkumpul, lalu habis itu ada momen persiapan Pemilu, nah pada tahun 2024 ini kami ingin semuanya merekat kembali, melakukan banyak kegiatan positif," kata Ariyanto.

Ariyanto menambahkan, HDCI DIY belum lama ini juga menghimpun bantuan untuk membangun kembali jembatan penghubung antar desa di Wukirsari Bantul yang sempat roboh akibat banjir tahun lalu. Bantuan itu dihimpun dari HDCI pusat dan para anggota di DIY.

"Jembatan itu penting bagi akses warga desa, terlebih ada desa wisata di situ, sehingga kami bergerak untuk berupaya membangun kembali," kata Ariyanto.

Ke depan, Ariyanto mengatakan, HDCI DIY juga akan berkolaborasi dengan berbagai stake holder serta pemerintah membantu agar akses akses wisata desa yang masih kurang memadai dapat diperbaiki bersama. Sehingga meningkatkan perekomian masyarakat. (Dho)

Advertisement banner

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.