Ratusan Warga Ikut Pelatihan Pembuatan Pakan Ikan Air Tawar di Seyegan
Ratusan Warga Ikut Pelatihan Pembuatan Pakan Ikan Air Tawar di Seyegan

Ratusan Warga Ikut Pelatihan Pembuatan Pakan Ikan Air Tawar di Seyegan




JOGJAGRID.COM : Tak kurang 200 peserta warga Kapanewon Seyegan Sleman mengikuti Pelatihan Pembuatan Pakan Ikan Air Tawar bertempat di kediaman Sukamto SH (Anggota Komisi B DPRD Sleman/Fraksi Partai Golkar), Kandangan, Margodadi Seyegan Sleman, Rabu (9/8). 

Pelatihan ini diinisiasi oleh Anggota Komisi VII DPR RI Drs HM Gandung Pardiman MM  bekerja sama dengan mitra yaitu Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Para peserta pelatihan adalah warga dari 5 kalurahan di Seyegan yang sudah punya kolam budidaya ikan air tawar, seperti ikan nila, bawal, lele atau gurami. 

Pelatihan menghadirkan narasumber Prof Dr Ir Mas Tri Djoko Sunarno MS (Peneliti Ahli Utama pada Pusat Riset Perikanan BRIN). Turut hadir Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sleman Janu Ismadi.

Gandung Pardiman menuturkan, pelatihan ini diharapkan memberikan manfaat yang bisa dirasakan langsung oleh masyarakat, terutama di bidang perikanan ikan air tawar. Dengan mampu membuat pakan ikan sendiri, tentu akan mengurangi biaya pakan ikan yang selama ini harus beli. Selain itu, warga juga bisa menekuni bisnis pakan ikan.

"Saya berharap pelatihan ini menambah keterampilan warga, sehingga akan meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat, khususnya di Seyegan ini," terang Ketua DPD Partai Golkar DIY ini saat pembukaan pelatihan.

Dr Haryanto (Analis Ahli Kebijakan BRIN) mengapresiasi Gandung Pardiman selaku Anggota Komisi VII DPR RI yang telah memfasilitasi terselenggaranya pelatihan ini. Menurut Haryanto, pelatihan ini merupakan salah satu implementasi peningkatan kapasitas riset dan inovasi untuk masyarakat. 

"BRIN selain konsern pada peningakatn kapasitas sumber daya manusia, juga terus meningkatkan kualitas terkait teknologi yang melahirkan program-program yang mampu meningkatkan pemanfaatan hasil riset di masyarakat dan UMKM," ujarnya.

Sukamtor SH mengatakan, warga Kapanewon Seyegan banyak yang menekuni budidaya ikan air tawar, baik itu untuk konsumsi atau pemancingan. Setelah menguasai teori dan teknik pembuatan pakan ikan air tawar, diharapkan warga Seyegan mampu membuat sendiri pakan ikan tersebut.

Sukamto berharap pelatihan ini bisa berkelanjutan karena sangat bermanfaat bagi masyarakat. Setelah mendapatkan teorinya, peserta pelatihan perlu penguatan untuk praktiknya. Dan akan lebih baik lagi jika ada dukungan peralatan/mesin pembuatan pakan ikan air tawar hasil riset dan inovasi BRIN, sehingga produksi meningkat.

"Saya bersama Bapak Gandung Pardiman sebagai wakil rakyat dari Partai Golkar terus berupaya dan berjuang untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui program pemberdayaan masyarakat, salah salah satunya pelatihan ini. Kami akan terus berkarya nyata untuk masyarakat," katanya.

Gandung Pardiman kembali mengingatkan masyarakat untuk menghindari praktik 'money politic' atau politik 'wani pira'. Sudah saatnya masyarakat menjadi pemilih yang cerdas, yang mendasarkan pilihannya dengan melihat ide/gagasan, kiprah, karya nyata dari seorang pemimpin/wakil rakyat serta komitmennya dalam membantu masyarakat.

"Kader Golkar adalah kader bangsa, kader NKRI, kader Pancasila dan agen pembaharuan. Satu-satunya partai politik yang tegak lurus dengan ideologi Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhineka Tunggal Ika dan terus berjuang untuk kejayaan bangsa dan negara serta kesejahteraan rakyat adalah Partai Golkar," kata politisi senior Partai Golkar ini.
Advertisement banner

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.