Opak Rendam Lahan Tani, Anggota DPR RI Gandung Pardiman Langsung Turun Membantu
Opak Rendam Lahan Tani, Anggota DPR RI Gandung Pardiman Langsung Turun Membantu

Opak Rendam Lahan Tani, Anggota DPR RI Gandung Pardiman Langsung Turun Membantu



JOGJAGRID.COM: Tersumbatnya muara Sungai Opak merendam puluhan  hektare lahan pertanian di wilayah Kalurahan  Tirtohargo Kapanewon  Kretek dan Srigading Sanden Bantul.  

Sementara anggota DPR RI dari Partai Golkar,  Drs HM Gandung Pardiman MM langsung meninjau lokasi bersama perwakilan BBWSO. Dengan harapan ada kebijakan dari pemerintah agar dapat meminimalisir kerugian yang dihadapi petani.


Lurah Tirtohargo Kretek Bantul, Sugiyanto, Jumat (4/8), mengatakan di wilayahnya terdapat 10 hektare pertanian sudah terendam luapan Sungai Opak. Dengan dominasi komoditas bawang merah dan produk hortikultura lainnya. "Jadi begini setiap tahun muara Sungai Opak ini tersumbat karena faktor alam. Pada saat muara tersumbat dampaknya air akan meluap ke lahan pertanian baik di wilayah Tirtohargo dan juga Srigading," ujar Sugiyanto.  Dalam kunjungan tersebut juga dihadiri Anggota DPRD DIY dari Partai Golkar  Suwardi, anggota DPRD  Kabupaten Bantul dari Golkar, Paidi SIP dan Heru Sudibyo SE, Perwakilan Tokoh Petani Edy Nugroho serta perwakilan 
 Penata Teknik PPK Sungai dan Pantai 2, BBWS Serayu Opak, Johar Ismangali ST.

Dijelaskan, dengan berbagai upaya tersebut diharapkan tersumbatnya muara Sungai Opak tidak terlalu lama.
"Ketika genangan air itu semakin surut akhirnya warga kami nanti bisa panen bawang merah. Karena luapan Sungai Opak sekarang ini sudah merendam sekitar 10 hektare lahan pertanian. Ini persoalan serius lagi warga saya," ujar Sugiyanto.

Oleh karena itu pemerintah kelurahan,  sudah  menyiapkan dana untuk mensupport kegiatan program bedah muara Sungai Opak. "Karena peristiwa tersumbatnya muara Sungai Opak terjadi setiap tahun. Dan warga selalu berusaha dengan dukungan pemerintah membuka muara agar air segera surut," ujarnya. Pihaknya juga  mengapresiasi berbagai pihak karena sudah memberikan perhatiannya. Mulai anggota DPRD Kabupaten Bantul, Dinas PU Bantul hingga BBWS Serayu -Opak. 
"Pak Gandung  terima kasih sekali, sudah berkenan untuk menengok warga kami, petani kami di wilayah Tirtohargo Kretek  dan juga Srigading Sanden. Pak Gandung sangat peduli  rakyat, sekali lagi saya ucapkan terima kasih," jelasnya.

Gandung  Pardiman mengatakan, bila BBWS Serayu -Opak sangat responsif. Karena sejauh ini setiap ada keluhan cepat ditanggapi agar masyarakat terbantu. Kemudian dengan peristiwa tersumbatnya muara Sungai Opak ini dari Balai Besar juga langsung menurunkan berat ekskavator. "Balai Besar ini luar biasa mohon aspirasi dari masyarakat sini nanti kita kawal bersama-sama, tolong Pak Johar dari BBWS,h aspirasi dari masyarakat melalui Pak Lurah Tirtohargo (Sugiyanto -red) untuk catat. Karena peristiwa ini terjadi setiap tahun," jelas Gandung.

Gandung  bertekad untuk mengawal aspirasi masyarakat tersebut sampai ke BBWS Serayu-Opak. "Tolong besok Pak Lurah waktunya diatur, saya ditemani untuk menghadap Pak Kepala BBWS Serayu -Opak untuk persoalan ini ada solusi," ujarnya.
Advertisement banner

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.