Meriah, Gebyar Gunungkidul Sedot Ribuan Warga
Meriah, Gebyar Gunungkidul Sedot Ribuan Warga

Meriah, Gebyar Gunungkidul Sedot Ribuan Warga




JOGJAGRID.COM  : Disaksikan lebih dari 50 ribu penonton, Gebyar Gunungkidul 2023 dalam rangka memeriahkan peringatan Kemerdekaan ke-78 RI berlangsung meriah.

Acara yang dipusatkan di Lapangan Udara (Lanud) Gading, Playen, Gunungkidul, mendapatkan sambutan luar biasa dari masyarakat. Ribuan warga tumblek blek menyaksikan acara yang baru kali pertama itu.

Ada lomba bregada, lomba drumband pelajar, orasi kebangsaan dan pertunjukan musik. Lomba drumband antarpelajar se-Gunungkidul menjadi daya tarik tersendiri. Masyarakat antusias menonton di sepanjang rute yang dilalui.
 Suasana semakin gayeng dengan penampilan drumband Taruna Akademi Angkatan Udara (AAU). Rangkaian acara mengambil star di Lapangan Olahraga Gading dengan finish di Lapangan Udara Gading, Playen, Gunungkidul. Malam harinya dilanjutkan dengan petasan seni serta pertunjukan musik Danara DE, NDX AKA.
Acara dimulai selepas siang pukul 13.00 Kamis (24/8). Dijawalkan rampung pada malam pukul 21.30. Sejumlah tokoh hadir. Antara lain Ketua DPRD DIY Nuryadi, Bupati Gunungkidul Sunaryanta, petinggi TNI AU, Forkompimpda Kabupaten Gunungkidul dan tokoh masyarakat.

Suasana semakin meriah dengan kehadiran sejumlah stan pelaku UMKM di lokasi. Keberadaan stan-stan itu juga mendapat perhatian warga. Terlihat transaksi jual beli  berbagai makanan khas Gunungkidul.

Ketua DPRD DIY Nuryadi mengatakan tujuan diadakannya Gebyar Gunungkidul 2023 dalam rangka memperingati Dirgahayu Kemerdekaan RI. Sebagian bagian dari bangsa Indonesia, rakyat Gunungkidul sepantasnya ikut berbahagia.
 
"Ini acara untuk warga Gunungkidul, acara senang-senang. Alhamdulilah, kita difasilitasi tempat di Lanud Gading," kata Nuryadi. Dia berharap, kegiatan itu dapat terus memupuk rasa cinta dan semangat patriotisme masyarakat.

 Diingatkan, situaasi saat ini bisa dirasakan karena bangsa ini telah merdeka. Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 telah telah memerdekaan rakyat Indonesia dari penjajahan. 

“Kemerdekaan ini harus senantiasa kita syukuri kehadirat Allah SWT. Mudah-mudahan teman-teman semua terinpirasi,” ajaknya.

Nuryadi mengingatkan pentingnya pendidikan bagi anak bangsa. Dia ingin akses sekolah harus dapat dirasakan setiap anak Indonesia. Terutama ini juga bagi anak-anak Gunungkidul. 

“Anak-anak sebagai calon penerus bangsa harus bisa sekolah dengan baik," ujarnya.

Dengan pendidikan yang baik diharapkan melahirkan pemimpin-pemimpin di banyak bidang. Nuryadi juga berharap ke depan muncul tokoh-tokoh besar dari kabupaten yang bermotto Handayani.

 “Gunungkidul itu memiliki banyak potensi termasuk sumber daya manusianya yang unggul,” tegasnya. 

 Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengapresiasi acara tersebut.  Senada dengan Nuryadi, dia berharap generasi muda dapat menyelesaikan pendidikan dengan baik. Sunaryanta juga ingin anak-anak Gunungkidul memiliki cita-cita yang tinggi. 

“Dari acara ini bisa menginspirasi generasi muda terus maju. Ini dalam rangka membangun bangsa dan negara kita," ajak Sunaryanta. (Dho/Ian)
Advertisement banner

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.